pemkab muba pemkab muba
Musi Banyuasin

Muba Contoh Sukses Pemberdayaan SDM Lokal Sektor Migas

106
×

Muba Contoh Sukses Pemberdayaan SDM Lokal Sektor Migas

Sebarkan artikel ini
pemkab muba pemkab muba

MUBA – Tidak hanya dinilai berhasil dalam pemberdayaan SDM di sektor perkebunan, namun Kabupaten Muba juga dinilai berhasil dalam pemberdayaan SDM lokal di sektor migas.Hal ini juga konkrit direalisasikan Pemkab Muba dengan keberadaan Muba Vocational Center (MVC) atau pusat pelatihan dan sertifikasi Migas Terintegrasi.

Ini disampaikan Pj Bupati Apriyadi Mahmud saat menjadi keynote speaker kegiatan Pra-Forum Kapasitas Nasional Kegiatan Hulu Migas di Wilayah Sumatera Bagian Selatan Tahun 2023 yang digelar oleh SKK Migas, Selasa (8/8/2023) di Hotel Novotel Palembang.

Pra Forum kapasitas Nasional 2023 Wilayah Sumbagsel ini hadir juga, Gubernur Jambi, Kepala SKK Migas, Prof.Dr.Dwi Soetjipto, kepala perwakilan SKK Migas Sumbagsel, Anggono Mahendrawan, bupati Tanjabbar, Anwar Saddat.

“Jadi MVC ini merupakan kawasan terpadu di bawah pengelolaan Pemerintah Daerah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Disnakertrans Muba yang merupakan pusat Vokasi dan memadukan kebutuhan pasar industri migas terintegrasi serta penguatan daya saing daerah,” ungkap Pj Bupati Apriyadi Mahmud.

Dikatakan, upaya pemberdayaan SDM lokal melalui MVC tersebut tidak terlepas dari sinergi Pemkab Muba bersama SKK Migas yang di inisiasi sejak era Bupati Dodi Reza Alex.

“Adapun kerjasama atau sinergi yang dilakukan diantaranya high impact learning sekaligus high quality program dalam penyelenggaran pelatihan tenaga kerja industri migas melalui PPM, Sinergi rekrutmen tenaga kerja lokal dalam pengembangan pusat pelatihan dan sertifikasi migas, lalu sinergi dalam pengadaan barang dan jasa dengan memanfaatkan kandungan lokal melalui program vendor day,” ulasnya.

Kepala Divisi SDM SKK Migas, Daniel Kurnianto mengapresiasi keberadaan MVC di Kabupaten Muba yang konkrit dan nyata dalan realisasi pemberdayaan tenaga kerja lokal dan SDM di sektor migas.

“Muba menjadi contoh keberhasilan pemberdayaan tenaga kerja lokal atau SDM di sektor migas merupakan commitment to excellence dari seorang pemimpin daerah,” ungkap dia.

Kepala SKK Migas Perwakilan Sumbagsel Anggono Mahendrawan, keberadaan MVC menjadi percontohan realisasi nyata pemberdayaan SDM di sektor migas.

“Semoga sinergi SKK Migas bersama Pemkab Muba terus berjalan maksimal dan memberikan kontribusi positif untuk daerah dan masyarakat,” pungkasnya. (Endang S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *