oleh

Menkes Minta Tambahan Perawat Antisipasi Lonjakan Kasus Saat Libur Nataru

Beritamusi.co.id | Lonjakan kasus positif Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) terus diantisipasi saat perayaan natal dan tahun baru (Nataru). Selain mengimbau agar masyarakat dapat merayakan liburan dengan aman, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin juga meminta agar ada penambahan alokasi perawat.

Menurutnya, tambahan perawat menjadi hal yang penting saat ini. “Sebenarnya tempatnya ada, tinggal kita tambah jumlah bed dan ICU, ada potensi bisa 100 bed tambahan. Yang critical bukan ruangannya ternyata, tapi perawat,” katanya saat konferensi pers di saluran YouTube Kemenkes RI, Jumat (25/12).

Rencana penambahan alokasi perawat ini menurut Budi telah dikoordinasikan dengan Wamenkes, Dante Saksono. “Tadi saya sudah bicara dengan pak wamen yang benar-benar dokter, bagaimana kita bisa segera mengalokasikan tambahan perawat, karena jumlah dokternya cukup, alat kesehatannya cukup, bed cukup, ruangannya ada, tapi kita butuh perawat,” katanya.

Sebelumnya, Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito melalui siaran pers di akun YouTube BNPB Indonesia, Kamis (25/13) meminta aga masyarakat dapat menjalankan libur Nataru dengan aman dan nyaman tanpa kerumunan dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dia juga meminta agar Satgas di setiap daerah melakukan antisipasi pergerakan masyarakat baik yang hendak keluar ataupun masuk ke daerah. “Saya ingatkan agar masyarakat membatasi perjalanan liburan ke luar kota, dan sebisa mungkin di rumah saja. Saya meminta kepada pimpinan dan satgas daerah untuk antisipasi masuknya pemudik. Dengan mereka sudah melakukan tes PCR dan tes antigen. Pastikan juga ketersediaan ruang isolasi,” tegasnya. (FN)

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Komentar

Berita Lainnya