oleh

Menkes dan Gubernur Sumsel Resmikan Gedung Pelayanan A RSUP Dr Rivai Abdullah

BANYUASIN – Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin bersama Gubernur H. Herman Deru meresmikan Gedung Pelayanan A RSUP Dr. Rivai Abdullah dan Peresmian Unit Pelaksanaan Fungsional Pengamanan Fasilitas Kesehatan (UPF PFK), Rabu (5/1/2022). Hal ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Menkes RI bertempat di RSUP Dr. Rivai Abdullah yang dulu merupakan RS Kusta Sungai Kundur Kelurahan Mariana Kecamatan Banyuasin.

Menkes merasa bangga dengan hadirnya Gedung dan Pelayanan UPF PFK hal ini menambah pelayanan rumah sakit yang ada di Sumsel. Namun dia juga berpesan kepada Dirut RSUP Dr. Rivai Abdullah agar fokus kepada rakyat. Artinya fokus jangan benar-benar kerumah sakit dan pelayanannya tapi lebih ke rakyatnya.

“Kita lihat rakyat Palembang khususnya di Sumsel itu seperti apa. Karena setiap daerah memiliki perbedaan epidemiologi,” katanya.

Dia juga menyarankan dalam pelayanan itu tidak cukup menangani jumlah pasien yang ada. Lebih dari itu dia juga ingin RS ini membuat sistem rujukan yang baik.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H Herman Deru sangat berterima kasih kepada Menkes RI yang sudah meresmikan RSUP Dr. Rivai Abdullah dengan begitu menurutnya dapat dijadikan pusat pelayanan bagi kesehatan masyarakat di Sumsel.

Bapak Pembangunan ini juga menyebutkan selain memiliki RSUP Dr. Rivai Abdullah Sumsel juga mempunyai RSUD Siti Fatimah dan RSUP Dr Mohammad Hoesin. Untuk itu dia harap Menkes dapat meninjau dua rumah sakit tersebut.

Herman Deru juga ingin setiap rumah sakit itu ada pelayanan unggulan. Artinya satu rumah sakit harus memiliki satu pelayanan unggulan. “Kalau RSUD Siti Fatimah saya inginkan unggulan di layanan jantung. Jadi orang tidak perlu lagi ke luar negeri hanya cukup diisini saja,” ucapnya.

Adapun cita-cita besar orang nomor satu di Bumi Sriwijaya ini untuk menjadikan Provinsi Sumsel sebagai destinasi wisata kesehatan (Health Tourism). Artinya orang datang kesini selain menikmati kuliner dan wisata tapi juga bisa berobat disini. “Saya ingin Sumsel ini menjadi tujuan berobat sama seperti di Negara Malaysia tapi hal ini tentu harus didukung oleh pak Menteri,” katanya.

Di sisi lain, Dirut RSUP Dr. Rivai Abdullah Palembang, Zubaida Elvia mengharapkan kehadiran rumah sakit ini lebih bermanfaat bagi masyarakat terutama dalam mendukung program Gubernur Sumsel untuk Health Tourism.

“Pembangunan Rumah Sakit RSUP Dr. Rivai Abdullah gedung A, menjadi prioritas kami untuk meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat,” katanya menambahkan.

Dia menyebutkan, rumah sakit ini saat ini sudah memiliki Kurang lebih 410 pegawai baik ASN ataupun non ASN serta dokter spesialis. Gedung ini juga memiliki 4 lantai dengan luas 8000m2 yang diperuntukan pelayanan gawat darurat, rawat jalan, rawat inap, ICU, ICCU, PICU, NICU, pelayanan penunjang (farmasi, lab, radiologi, CSSD).

“Kita harap dengan adanya layananan ini dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat,” tutupnya.

Pada kesempatan ini Menkes Budi Gunadi Sadikin bersama Gubernur Herman Deru, Bupati Banyuasin Askolani, Dirut RSUP Dr. Rivai Abdullah Palembang, Subaida Elfia meninjau Gedung Pelayanan A RSUP Dr. Rivai Abdullah dan UPF PFK. (Ade)

Komentar

Berita Lainnya