pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Bangka Belitung

Menelusuri Sejarah Timah di Museum Timah Indonesia Pangkalpinang

560
×

Menelusuri Sejarah Timah di Museum Timah Indonesia Pangkalpinang

Sebarkan artikel ini
Museum yang dikelola oleh PT Timah Tbk ini bisa menjadi destinasi edukasi yang menarik buat dikunjungi.
pemkab muba

Beritamusi.co.id – Berkunjung ke Museum bisa memberikan pengalaman yang berkesan, apalagi museum khusus seperti Museum Timah Indonesia Pangkalpinang yang berada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Museum yang dikelola oleh PT Timah Tbk ini bisa menjadi destinasi edukasi yang menarik buat dikunjungi. Beragam informasi tentang pertambangan timah di Indonesia tersedia di Museum Timah Indonesia (MTI) Pangkalpinang loh.

MTI Pangkalpinang dibuka sejak tahun 1997 silam, bangunan museum ini juga merupakan bangunan bersejarah dan merupakan cagar budaya. Pada tahun 2018 Museum Timah Indonesia Pangkalpinang menjadi Museum Timah Pertama di Asia.

Setiap tahunnya, MTI Pangkalpinang ini dikunjungi belasan hingga puluhan ribu orang yang berasal dari mancanegara, lokal, dan nasional. Seperti para wisatawan, peneliti, pelajar, mahasiswa dan sejarawan.

Museum yang dikelola Anggota Holding Industri Pertambangan MIND ID ini menjadi tempat yang menguak jejak pertambangan timah di Indonesia dan Bangka Belitung.

MTI Pangkalpinang agak berbeda dengan museum umumnya dengan sentuhan suasana yang lebih semi-modern. Museum ini juga dilengkapi sarana prasarana pendukung seperti VR, topografi tiga dimensi, teknologi kapal keruk, studio mini hingga mobil pownis. Tak hanya itu museum ini juga memiliki beragam diorama yang manarik.

Ketua MTI Pangkalpinang Taufik mengatakan, di Museum Timah Indonesia ada sekitar 500 lebih koleksi seperti alat penambangan timah, bebatuan, peralatan penggalian, mangkuk kapal keruk, peralatan penggalian, balok timah dan berbagai miniatur.

“Kami berupaya terus menghadirkan inovasi agar selalu ada yang baru di Museum Timah Indonesia ini. Kami kombinasikan dengan sentuhan teknologi sehingga bisa menarik para generasi milenial untuk datang ke museum,” katanya.

Selain itu, MTI juga menjadi menghadirkan City Tour menggunakan kendaraan Pownis yang merupakan salah satu sarana transportasi yang terkenal pada masa itu.

“City tour Pownis juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan datang ke sini, karena memang banyak yang bernostalgia dengan kendaraan ini untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah di kota Pangkalpinang,” ucap Taufik.

Ia menambahkan, periode Januari-Maret 2023 sebanyak 6.125 orang telah berkunjung ke Museum Timah Indonesia.

Tahun 2023 ini, Museum Timah Indonesia masuk sebagai salah satu nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2023 dalam katagori Situs Sejarah.

“Kami juga berharap dukungan dari semuanya untuk mendukung Museum Timah Indonesia Pangkalpinang bis menjadi yang terbaik dalam Anugerah Pesona Indonesia tahun 2023,” ucapnya.

Bagi kamu yang berkunjung ke Kota Pangkalpinang jangan lupa mampir di Museum Timah Indonesia Pangkalpinang, karena di sini ada banyak pengetahuan tentang penambangan timah loh, apalagi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi salah satu Provinsi penghasilan timah terbesar di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *