oleh

Mawardi Yahya Dukung Perhelatan KPID Sumsel Award 2020

PALEMBANG – Mengawali agenda kerjanya, Jumat (4/12/2020) pagi, Wakil Gubernur Sumsel, H. Mawardi Yahya menerima audiensi rombongan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumsel, di ruang tamunya.

Kedatangan pengurus KPID Sumsel tersebut dalam rangka menyampaikan tentang penyelenggaraan KPID Award Sumsel Tahun 2020 yang rencananya akan digelar pada tanggal 11 Desember mendatang.

Dikatakan Wakil Ketua KPID Sumsel, Herfriady, MA bahwa penyelenggaraan KPID Award ini merupakan yang kedua setelah digelar untuk pertama kalinya pada tahun 2018 lalu.

“Tahun 2019 kami sempat vakum. Dan kini berkat dukungan Pemprov kegiatan ini bisa kembali kami gelar. Kami sangat berterima kasih sekali atas dukungan itu,” ujar Herfriady.

Penyelenggaraan KPID Award ini lanjut Herpriady, bertujuan menata lembaga penyiaran untuk tetap menjalankan fungsinya memberikan edukasi dan informasi yang objektif bagi masyarakat. Termasuk berita-berita yang objektif mengenai pandemi Covid 19.

Dalam kesempatan itu, Hefriady juga melaporkan, terkait penyelenggaraan Pilkada serentak 9 Desember mendatang, KPID juga telah menjalankan fungsinya. Seperti menyaring iklan-iklan para paslon yang tayang di lembaga penyiaran baik televisi maupun radio. Untuk urusan ini KPID berkoordinasi langaung dengan Bawaslu dan KPU demi menciptakan Pemilu yang aman dan damai.

“Pengawasan kami lakukan pada iklan-iklan yang dipasang, dari unsur bahasa sedapat mungkin difilter agar tidak provokatif,” tegasnya.

Sementara itu terkait rencana penyelenggaraan penganugerahan penghargaan kepada para insan penyiaran oleh KPID tersebut, Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya memberikan dukungan secara penuh. Menurutnya kegiatan ini perlu disosialisasikan sebagai bukti nyata kinerja KPID kepada masyarakat.

“Ini tentu kita dukung, karena ini salah satu cara KPID menunjukkan kinerjanya. Secepatnya akan saya laporkan ke Gubernur,” ujar Mawardi.

Dalam kesempatan itu Mawardi juga berpesan agar dalam menjalankan tugasnya, KPID benar-benar memberikan teguran kepada lembaga penyiaran yang menyalahi aturan. “Dan itu bukan sebatas diperingatkan saja tapi betul-betul ditegur bila perlu diekspose agar masyarakat juga paham kinerja KPID,” ujarnya.

Adapun penganugerahan KPID Awards itu meliputi 13 kategori di antaranya Program Feature Sosial dan Budaya Radio dan Televisi, Program Talkshow, Program Informasi Berita Covid 19, Lembaga Penyiaran Terbaik Televisi dan Radio, Presenter Favorit Pilihan Pemirsa dan Pendengar Melaui IG dan Presenter Terbaik Pilihan Dewan Juri. (Ade)

Komentar

Berita Lainnya