pemkab muba
OKI Mandira

Manfaatkan Bongkaran Tol, Polisi dan Warga Gotong Royong Perbaiki Jalan Cengal-Sungai Jeruju

59
×

Manfaatkan Bongkaran Tol, Polisi dan Warga Gotong Royong Perbaiki Jalan Cengal-Sungai Jeruju

Sebarkan artikel ini
pemkab muba

OKI – Aksi gotong royong dilakukan jajaran Polisi Sektor (Polsek) Cengal bersama masyarakat dan Pemerintah Desa Kebon Cabe, Balam Jeruju dan Sungai Jeruju Kecamatan Cengal Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) untuk mengatasi kerusakan ruas jalan Cengal-Sungai Jeruju pada Rabu (24/1/2024).

Anggota Polsek bersama warga melaksanakan penimbunan menggunakan bongkaran aspal atau eks scrapp berasal dari limbah hasil pemeliharaan jalan tol Terbangi Besar-Pematang Panggang-Kayuagung.

“Bersama masyarakat, anggota kita bergotong royong melakukan upaya perbaikan sementara. Seperti melakukan penimbunan spot-spot jalan yang rusak serta membuat saluran air/parit jalan agar supaya air tidak menggenang di badan jalan ketika hujan turun dengan menggunakan alat berat yang akan melintas,” ungkap Kapolres OKI AKBP Hendrawan Susanto SH SIK.

Selain memperbaiki jalan, ujar Kapolres, gotong royong ini bagian upaya menjalin kekompakan serta silaturahmi untuk terciptanya situasi yang aman dan kondusif selama tahapan Pemilu 2024.

“Warga diharapkan dapat berperan aktif mengatasi persoalan, seperti jalan rusak serta bersama sama menjaga keamanan dan ketertiban jelang Pemilu,” ujar Kapolres.

Kerja Sama Pemkab, Hutama Karya dan Perusahaan Perkebunan

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (Pemkab OKI) bersama PT Hutama Karya dan perusahaan perkebunan di Kabupaten OKI melakukan kerja sama pemanfaatan limbah jalan berupa bongkaran tol, atau aspal eks scrapp hasil pemeliharaan jalan aspal, untuk dimanfaatkan kembali dalam rangka perbaikan jalan rusak di OKI.

Bongkaran aspal atau eks scrapp tersebut berasal dari limbah hasil pemeliharaan jalan tol Terbangi Besar-Pematang Panggang-Kayuagung pada KM 269 B dan 253 B. Dalam kerja sama tersebut, perusahaan sekitar membantu pengangkutan bongkaran tol ke titik lokasi kerusakan jalan.

“Upaya ini merupakan bagian dari komitmen pemda dan perusahaan di OKI untuk melakukan perbaikan infrastruktur secara cepat untuk membantu masyarakat,” ujar Pj. Bupati OKI Asmar Wijaya di Kayuagung, Selasa (23/1/2024).

Diharapkan Asmar, solusi seperti ini dapat membantu perbaikan jalan, khususnya di wilayah yang banyak mengalami kerusakan secara cepat, seperti di Kecamatan Mesuji, Cengal dan lainnya.

PUPR Percepat Proses Perbaikan Jalan

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) pada Rabu (24/1/2024), melakukan survey kerusakan ruas jalan Cengal-Sungai Jeruju, khususnya pada sejumlah titik kerusakan di Desa Kebon Cabe dan Desa Balam Jeruju Kecamatan Cengal Kabupaten OKI.

Ruas jalan sepanjang 31,357 KM, setiap tahun memang selalu dilakukan penanganan. Namun karena panjangnya ruas dan keterbatasan anggaran, perbaikan dilakukan secara bertahap.

“Untuk tahun ini tetap akan dilakukan penanganan melalui kegiatan penyangga jalan wilayah IV,” ungkap Kepala Dinas PUPR OKI, Ir. Man Winardi.

Meski demikian, ungkap Man, peningkatan secara permanen belum dapat dilakukan, mengingat besarnya anggaran yang dibutuhkan.

“Kita akan lakukan perkerasan dan galian drainase terlebih dahulu, lalu sesuai instruksi Pj. Bupati akan dilakukan percepatan persiapan tender,” ungkap dia. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *