pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Pemprov Sumsel

Majukan Sektor Tanaman Buah dan Pangan di Sumsel, Mawardi Siap Dukung Festival Buah dan Pertanian 2021

54
×

Majukan Sektor Tanaman Buah dan Pangan di Sumsel, Mawardi Siap Dukung Festival Buah dan Pertanian 2021

Sebarkan artikel ini
WhatsApp Image 2021-02-02 at 20.27.46
pemkab muba

SariAgri-  Sektor pertanian dan perkebunan menjadi salah satu sektor yang dapat bertahan di tengah pandemi. Sumsel memiliki potensi luar biasa di bidang pertanian dan perkebunan  yang harus dikelola dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat. Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya saat menerima audiensi DPD Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor Sumsel , Selasa  (02/02/2021).

Menurut Mawardi, produktivitas pangan di Sumsel tidak perlu diragukan lagi, oleh sebab itu  sangat dibutuhkan pemasaran yang gencar,  terlebih sejak awal tahun 2020, ada tantangan  besar akibat pandemi Covid-19 yang berimbas pada menurunnya perekonomian dan sektor perdagangan.

“Sektor pertanian dan perkebunan menjadi salah satu sektor yang dapat bertahan di tengah pandemi. Sumsel memiliki potensi luar biasa bidang pertanian dan perkebunan  yang harus dikelola dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat tanpa merusak alam sekitar,” tegasnya.

Kerena itu lanjut Wagub,  Pemprov akan mendorong upaya majunya sektor  tanaman pangan dan buah-buahan di Sumsel. Bahkan pemerintah Sumsel siap mempasilitasi  festival buah dan pertanian unggulan Nasional IV Sumatera Selatan yang akan digelar pada Juni 2021 mendatang oleh DPD HA IPB Sumsel.

“Banyak yang kita harapan melalui festival ini nantinya. Salah satunya akan mendorong petani untuk lebih giat berproduksi disamping meningkatkan hasil pendapatan mereka,” tandasnya.

Menurutnya, tidak ada alasan untuk tidak mendukung. “Ini  sudah menjadi komitmen kita untuk mendorong majunya sektor pertanian  dan ketahanan pangan di Sumsel,” ungkapnya.

Sementara Ketua Umum DPD HA IPB Sumsel, Tabroni menjelasakan, pihaknya juga memiliki peran penting guna mempromosikan potensi buah dan pertanian unggulan dari Sumsel. Ini merupakan salah satu tujuan diadakannya festival buah.

“Kita senantiasa akan memberikan pendampingan kepada petani melalui program dan pelatihan baik secara offline maupun online untuk pengembangan produk berkualitas yang tepat guna,” tuturnya.

Lebih jauh Tabroni mengungkapkan, festival ini pula dapat mengembangkan dan meningkatkan peran serta ekonomi kreatif dalam keragaman hasil olahan tanaman buah, tanaman herbal, tanaman rempah-rempah, tanaman minyak atsiri, tanaman langka dan eksklusif, tanaman hias, dan hortikultura di berbagai industri.

“Kita mendukung misi pemerintah daerah dalam membangun Sumatera Selatan berbasis ekonomi kerakyatan yang didukung oleh sektor pertanian, industri, dan UMKM yang tangguh,” tambahnya. (Ade/Romi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *