pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Bangka Belitung

Listrik Sering Padam, Ketua DPRD Babel: Stabilitas Ekonomi Masyarakat Terganggu

115
×

Listrik Sering Padam, Ketua DPRD Babel: Stabilitas Ekonomi Masyarakat Terganggu

Sebarkan artikel ini
IMG-20220224-WA0036
pemkab muba

BANGKA – Ketua DPRD Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Herman Suhadi angkat bicara terkait pemadaman listrik yang kerap terjadi di pulau Bangka.

“PLN ini menyangkut hajat hidup orang banyak. Oleh karena itu kita berharap kinerja dari PLN harus lebih baik,”ujar Herman Suhadi di Sungailiat, Kamis (24/2/2022).

“Beberapa bulan yang lalu pernah juga terjadi pemadaman dalam jangka waktu cukup lama, pada waktu itu kendala yang terjadi adanya mesin yang rusak,”sambung politikus PDIP Babel tersebut.

Herman tidak menepis bila sistem kelistrikan di pulau Bangka sempat berjalan normal, namun beberapa hari terakhir kembali terjadi pemadaman listrik sehingga mendapat keluhan dari masyarakat.

“Ya, mungkin kita juga menyadari yang namanya alat (mesin) itu ada yang nanya masa haus sehingga terjadinya kerusakan. Oleh karena itu kita berharap kepada kawan-kawan di PLN itu cepat tanggap,” tegasnya.

“Tentunya mereka (PLN) tahu tentang mesin, bagamana situasi dan kondisinya. Sehingga kami berharap PLN semaksimal mungkin melakukan deteksi dini terhadap alat–alat kelistrikan mereka,” tegasnya.

Lebih lanjut Herman mengatakan, tidak lama lagi masyarakat Kepulauan Bangka Belitung akan menghadapi bulan suci ramadhan, dia berharap PLN Babel dapat segera melakukan upaya perbaikan kelistrikan sehingga tidak ada lagi pemadaman yang terjadi seperti saat ini.

“Kita berharap selama bulan suci ramadhan masyarakat dapat menjalankan ibadah dengan tenang dan khusuk. Kita berharap tidak ada pemadaman disaat bulan ramadhan sampai lebaran,” pintanya.

Herman mengingatkan pihak PLN jika pemadaman listrik terus terjadi maka akan menganggu stabilitas ekonomi masyarakat khususnya para pelaku UMKM.

“Bulan Ramadhan itu momen–momen ekonomi masyarakat, baik UMKM maupun para pedagang sangat menggantungkan pendapatan tambahan untuk menghadapi lebaran,” kata Herman.

Bahas di Bamus

DPRD Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan melakukan koordinasi dengan PLN Babel terkait pemadaman listrik yang terjadi dalam beberapa hari terakhir.

“Kami akan berkoordinasi dan mencari tau apa penyebab sebenarnya, kalau bisa kita sama–sama memberi solusi kepada kawan–kawan di PLN,” kata Herman Suhadi di Sungailiat, Kamis (24/2/2022).

“Nanti pas kita Bamus akan kita sampaikan juga itu, karena kita juga banyak mendapat keluhan dari masyarakat sehingga kita sebagai lembaga menjaring aspirasi masyarakat kita harus peduli. KKitaakan berdiskusi rapat dengan kawan–kawan PLN, mudah–mudahan dengan Bamus kita mendapat solusi yang terbaik,” tutupnya.

Penjelasan PLN Babel

Sementara Humas PLN Babel, Faku menyampaikan, pemadalam listrik sehubungan dengan kondisi batubara yang basah dan terjadi gumpalan atau plugging pada sisi proses pembakaran bahan bakar sistem pembangkit PLTU Air Anyir, sehingga menyebabkan pembangkit harus keluar sistem untuk perbaikan.

Untuk itu PLN melakukan pemadaman listrik kepada pelangan secara bergilir. Saat ini, pengerjaan penanganan perbaikan plugging batubara di pembangkit listrik di PLTU Air Anyir sedang dalam proses pelaksanaan oleh petugas. (Doni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *