oleh

KPUD Karimun Lakukan Simulasi Pemungutan Suara serta Penggunaan Sirekap

Karimun | Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Karimun mengadakan simulasi pemungutan dan perhitungan suara serta penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi Elektronik (sirekap), Sabtu (21/11/2020), di Lapangan bola Alur Jongkong, Kelurahan Harjosari, Kabupaten Karimun.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Pjs Bupati Karimun Heri Andrianto, Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan, SIK, Danlanal Karimun Letkol (P) Maswedi, Ketua Bawaslu Karimun dan OPD di Karimun.

Ketua KPUD Karimun Eko Purwandoko, mengatakan bahwa simulasi yang dilaksanakan hari ini merupakan real untuk gambaran pemilihan serentak pada tanggal 09 Desember 2020 nanti.

“Simulasi ini adalah simulasi real dan masyarakat bisa tertib serta mengikuti protokol kesehatan, ini adalah gambaran untuk pemilihan yang akan dilaksanakan 09 Desember nanti,” tutur Ketua KPUD.

Pada kesempatan yang sama beliau menjelaskan kepada awak media bahwasanya kegiatan ini ditujukan agar masyarakat tidak ragu datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan.

Sedangkan untuk sirekap sendiri merupakan alat bantu KPU dan bukan merupakan acuan yang baku. Hasil dari sirekap sendiri belum tentu menjadi hasil akhir.

“Sirekap itu Sistem Informasi Rekapitulasi merupakan alat bantu bagi KPU, hasilnya belum baku dan belum menjadi hasil akhir,”ucapnya.

Pada kegiatan tersebut, beberapa warga yang hadir tampak antusias dalam mengikuti tahapan-tahapan simulasi dan pada pemilihan 09 Desember 2020 nanti KPU sudah menyiapkan petugas kesehatan selama pemilihan berlangsung.

Ketua KPUD kembali menghimbau agar masyarakat tidak perlu takut untuk datang dan menggunakan hak suaranya pada pilkada serentak tahun 2020 nanti.(rifa)

Komentar

Berita Lainnya