oleh

Korban Kebakaran di Lahat Butuh Asupan Bayi dan Ibu Hamil

LAHAT – Bantuan untuk para korban kebakaran di Kelurahan Pasar Bawah Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat terus mengalir. Catatan Badan Penanggulangan Bencama Daerah (BPBD) kabupaten setempat, ada tiga jenis bantuan paling besar yang telah masuk di Posko, hingga bantuan uang senilai Rp 77 juta.

Kepala BPBD Kabupaten Lahat, Drs H Ali Afandi MPd saat dikonfirmasi mengungkapkan, tiga besar jenis bantuan tersbut yakni, sembako (beras red) sebanyak 2.5 ton, air mineral, dan pakaian layak pakai. Bahkan, bantuan uang yang telah terkumpul hingga Senin (5/10/2020) pukul 22.00 WIB senilai Rp 77 juta.

“Ya, jumlah bantuan itu update pukul 22.00 WIB semalam,” Kata Ali. Selasa (6/10/2020)

Para korban bencana alam kebakaran, saat ini masih membutuhkam uluran tangan para donatur. Seperti pakaian layak pakai, pakaian anak anak, pakaian bayi, selimut, pempers, susu terutama asupan untuk bayi dan ibu hamil yang nanti akan disalurkan oleh Lurah maupun RT. Sementara, untuk bantuan material Kata Ali, belum ada, hanya saja rencananya akan ada perushaan yang akan membantu material.

“Lebih baik material dalam bentuk uang karena kami pakai rekening resmi dari BPBD yang nantinya di audit. Sedangkan, sistem teknis material, makanan dan lain lain, distribusi dari RT yang meminta, karena kami BPBD sebagai pintu penerima bantuan, selanjutnya Lurah dan RT yang membagikan karena mereka yang tau warga sehingga adil dan merata tidak terjadi tumpang tindih,” sampai Ali.

Untuk diketahui, tim BPBD standby 24 ja dilokasi kejadian musibah kebakaran. Pelayanan pemberi bantuan kepada warga terkena musibah dari jam 08.00 WIB hingga 20.00 WIB. Saat ini BPBD Lahat sudah menyediakan tim dan tenda yang perlukan untum para korban tidur, juga ada dri TNI Polri, dari PU Provinsi dan BPBD ada WC Portable. (Sfr)

Komentar

Berita Lainnya