oleh

Konten yang Sehat Dukung Kecerdasan Pembaca

PALEMBANG – Media memiliki andil yang besar dalam penyebaran informasi terpercaya kepada publik. Banyaknya kabar hoax yang tersebar di berbagai platform media sosial tak jarang menyebabkan adanya kesalahpahaman bagi pembaca.

Pentingnya penyampaian informasi yang terpercaya kepada publik mengharuskan setiap media di tingkat lokal maupun nasional harus membenahi dan memperkuat berita ataupun konten-konten yang ada. Oleh karena itu, beritamusi.co.id melakukan mentoring dengan Tema Penguatan Media untuk Konten yang sehat di Kantor Beritamusi di Palembang, Sabtu (13/11/2021).

Kegiatan ini dimentori langsung oleh Dr. I Nengah Muliarta selaku Ketua Amsi Wilayah Bali sekaligus founder beritabali.com.

Dikatakannya, pembuatan judul dan lead dalam sebuah berita menjadi sangat penting sehingga pembaca bisa memahami dan tertarik dalam membaca berita. Serta, pembaca mendapatkan informasi inti dari berita tersebut.

“Ya, pembuatan judul itu sangat mempengaruhi tingkat pembaca, dan lead berita juga tidak kalah pentingnya karena pembaca biasanya ingin mendapatkan informasi yang cepat tanpa bertele-tele,” katanya.

Dilanjutkannya, dalam pengelolaan konten media sosial ini tak kalah penting yang mana setiap media harus melihat ketertarikan pembaca ataupun penonton lebih ke arah mana serta tidak melupakan juga kaidah atau kode etik jurnalistik walaupun memberikan informasi dalam media sosial.

“Selain itu juga kita harus memperhatikan penulisan, seperti yang pernah kita dengar dengan ‘piramida terbalik’. Jadi informasi inti harus diletakkan diawal, jangan sampai informasi penting tersebut berada ditengah-tengah paragraf,” tutupnya. (Mirna)

Komentar

Berita Lainnya