oleh

Ketua DPRD Babel Minta Kemenhub Tinjau Ulang Pembatalan Pengembangan Pelabuhan Pangkalbalam

PANGKALPINANG – Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Herman Suhadi meminta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI meninjau ulang keputusan mengenai pembatalan pengembangan Pelabuhan Pangkalbalam.

“Mewakili masyarakat Provinsi Babel, dan sebagai Ketua DPRD, saya sangat berharap kepada Kementerian Perhubungan agar meninjau ulang terkait pembatalan (pengembangan Pelabuhan Pangkalbalam-red) itu, dalam artian pembangunan tetap dilanjutkan,” kata Herman Suhadi kepada wartawan di Gedung DPRD Babel, Selasa (22/6/2021).

Herman mengungkapkan, pengembangan Pelabuhan Pangkalbalam ini sangat dibutuhkan karena dapat menunjang pelabuhan yang sudah ada. Selain itu, dia menambahkan, pengembangan pelabuhan ini juga nantinya dapat meningkatkan kegiatan ekspor impor.

“Kita sama-sama tahu bahwa Pelabuhan Pangkalbalam saat ini posisinya sangat tidak representatif, dalam artian, ketika kita ingin mengadakan pengembangan ekspor impor, kita ingin juga pelayanan penumpang lebih baik, tentunya kita ada sebuah pelabuhan baru yang lebih besar,” ujarnya.

Oleh karena itu, disampaikan dia, DPRD Babel siap mendukung dan membantu gubernur untuk memperjuangkan pengembangan Pelabuhan Pangkalbalam ini agar dapat segera terealisasi.

“Kemarin Pak Gubernur bertemu langsung dengan Dirjen Perhubungan, dan Insyaallah kami juga akan melakukan hal yang sama. Mohon bantuan kawan-kawan yang ada di Jakarta, baik itu Anggota DPR RI nya maulun Anggota DPD nya, secara bersama-sama kita menyambung aspirasi masyarakat Babel Ini sehingga Pelabuhan Pangkalbalam ini benar-benar terealisasi,” pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur Erzaldi Rosman melaksanakan audiensi dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) untuk membahas kembali terkait pembatalan pengembangan Pelabuhan Pangkalbalam, Senin (21/6/2021).

Dalam pertemuan dengan Dirjen Perhubungan Laut, Gubernur Erzaldi menyampaikan tentang pentingnya pengembangan pelabuhan ini dengan mempertimbangkan beberapa hal yang disampaikan melalui surat secara langsung.

Dalam audiensi tersebut, Dirjen Perhubungan Laut mengatakan, dirinya akan langsung menyampaikan paparan yang telah diutarakan Gubernur Erzaldi kepada Menteri Budi Karya Sumadi, dan juga kepada Direktur Utama Pelindo tentang Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang. (EDI)

Komentar

Berita Lainnya