oleh

Ketika Roh-Roh Korban Rempah Menuntaskan Perkara

Bangka Belitung diwakilkan Dewan Kesenian Belitung dalam Festival Teater Sumatera [FTS] 2021 di Taman Budaya Sriwijaya, Jakabaring, Palembang, 11-13 November 2021. Mereka akan menampilkan “Gugat: Bergerak dari Selatan” yang ditulis dan disutradarai Iqbal H. Saputra.

“Karya ini merupakan respon estetik kami atas wacana rempah yang belakangan muncul secara serentak. Kami mencoba melihat hal ini dari tiga sudut pandang, yakni perdagangan, pelayaran, dan peperangan. Rempah membawa darah sepanjang jalan sejarah. Rempah telah menjadi saksi atas siksa. Rempah menjelma alasan ruh tanggal dari tubuh, tersisa tinggal tanggul yang terbakar amarah atas Angkara murka. Dari Pulau Belitong, kami bergerak menuju Palembang, mewartakan kisah dan kasih yang belum sempat tuntas dengan sempurna,” kata Iqbal.

“Gugat: Bergerak dari Selatan”, berkisah tentang pertemuan kembali roh-roh dari segala penjuru. Menurut sohibul hikayat roh-roh ini semula terpenjara dalam sebuah tubuh, kemudian menjadi mozaik-mozaik dalam rangkaian panjang tragedi pelayaran, perdagangan hingga peperangan tanpa juntrungan.

Rempah pernah menyatukan dan juga jadi alasan penting yang meluluhlantakkan mereka. Perundingan liar, jahat, terkutuk dan biadab membuat keterikatan batin mereka tertetak karena curiga dan saling tuding. 

Akhirnya, roh mereka lepas dari tubuh, lalu moksa ke arah entah. Ratusan tahun berlalu dalam dan atau tanpa ritus untuk dikenang.

Lalu [hari ini], mereka memutuskan bertemu kembali untuk menuntaskan perkara yang belum sempat dituntaskan dengan sempurna. Bergerak dari Selatan menuju sisa cerita yang berderak dan berserak.(Romi)

Produksi:

  1. Iqbal H. Saputra (Sutradara, Naskah, Aktor/Musik/Setting).
  2. Irwansyah, S.Sn (Aktor/Musik).
  3. Renny Destiani, S.Sn (Penari/Aktor/Kostum).
  4. Bella Asmanabilah, S.Sn (Penari/Aktor/Make Up Artist).
  5. Rafiq ikhsan (Setting/Aktor).
  6. Yoko hidayat (Setting/Aktor/Musik).
  7. Rizal Aldianto, S.Par (Penari/Aktor).
  8. Darta Meilando, S.Sn (Musik)
  9. Anggun Setya Fanni, S.Pd (Make Up Artist & Kostum).*

Komentar

Berita Lainnya