pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Lahat

Kerjasama Atasi Kemiskinan di Lahat

50
×

Kerjasama Atasi Kemiskinan di Lahat

Sebarkan artikel ini
pemkab muba pemkab muba

Lahat-Mendukung program unggulan yang diinisiasi oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD), Kodam II/Sriwijaya bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) bersejarah. Nota kesepahaman ini juga segera ditindaklanjuti oleh jajaran Kodim 0405/Lahat dan Pemerintah Kabupaten Lahat.

Dandim 0405 Lahat, Letkol Inf Asis Kamaruddin, SIP MM mengungkapkan, bahwa terdapat empat item utama dalam MoU yang akan segera dilaksanakan di Kabupaten Lahat. Keempat item tersebut mencakup bedah rumah masyarakat, renovasi asrama prajurit, pembuatan sumur bor, dan pembangunan tower air bersih.

“Langkah ini diambil untuk menekan laju angka kemiskinan ekstrem khususnya di Kabupaten Lahat,” ujar Letkol Asis, seraya menegaskan bahwa program-program ini dirancang untuk memberikan dampak nyata dan positif bagi kesejahteraan masyarakat setempat.

Sementara itu, Pj. Bupati Lahat, Muhammad Farid, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap inisiatif yang diusung oleh KASAD. Menurutnya, program unggulan ini sangat sejalan dengan arahan Pj. Gubernur Sumatera Selatan dalam upaya mengentaskan kemiskinan ekstrem dan menekan kasus stunting di wilayah tersebut. “Kami sangat mendukung dan siap bekerja sama untuk merealisasikan program-program ini. Kami yakin dengan kerjasama yang solid, kita dapat mencapai tujuan yang diinginkan,”terang Farid, Selasa (4/6/2024).

Dilanjutkanya, Program bedah rumah masyarakat bertujuan untuk memperbaiki kondisi hunian warga yang kurang layak, sehingga dapat memberikan tempat tinggal yang lebih aman dan nyaman. Renovasi asrama prajurit menjadi salah satu prioritas untuk meningkatkan kesejahteraan prajurit dan keluarganya, yang berdampak langsung pada peningkatan kinerja dan moral para prajurit. Pembuatan sumur bor dan pembangunan tower air bersih diharapkan dapat mengatasi masalah krisis air bersih yang masih dihadapi oleh beberapa wilayah di Kabupaten Lahat.

“Kerjasama antara Kodim 0405/Lahat dan Pemerintah Kabupaten Lahat ini menunjukkan komitmen kuat dalam mendukung program-program pemerintah pusat dan provinsi. Selain itu, inisiatif ini juga mencerminkan sinergi yang baik antara institusi militer dan pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, “sampainya.

Langkah strategis ini diharapkan tidak hanya dapat menekan angka kemiskinan ekstrem, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kabupaten Lahat secara keseluruhan. Dengan adanya program-program ini, diharapkan kesejahteraan masyarakat dapat meningkat dan permasalahan sosial seperti kemiskinan dan stunting dapat teratasi secara efektif.

“Melalui upaya bersama ini, Kabupaten Lahat dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam menjalankan program-program sosial yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Keberhasilan program ini akan menjadi bukti nyata bahwa dengan kerja sama yang baik antara berbagai pihak, kita dapat menciptakan perubahan yang signifikan dan positif dalam masyarakat, “ujarnya.sfr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *