oleh

Kedatangan Bencana Tak bisa Diprediksi, Warga Diimbau Waspada

LAHAT – Beberapa bari terakhir cuaca cukup extrem menyelimuti Bumi Seganti Setungguan. Hanya saja, kedepan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tidak bisa memprediksi berapa lama akan berlangsungnya cuaca hujan deras disertai angin tersebut.

Kepala BPBD Kabupaten Lahat, Drs H Ali Afandi MPdi melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Sir Jhon Tomy SE SIP MM mengatakan, update informasi ataupun prdediksi cuaca yang diberikan BMKG diberikan setiap hari, sehingga tidak diketahui akan berlangsung lama prediksi cuaca extrem akan terjadi.

“Yang jelas informasi harian di kirim BMKG, tapi dalam satu hari apabila ada perubahan cuaca lagi diberikan lagi updatenya,”ujarnya saat diwawancarai, Rabu (17/3/2021).

Sebenarnya prediksi dari BMKG puncak musim penghujan sampai bulan Februari. Update informasi tersebut, kata Sir Jhon di teruskan kepada camat di seluruh Kabupaten Lahat, sehingga apabila wilayah dari camat diprediksi akan terjadi cuaca extrem, camat harus waspada dan memberikan informasi kepada kades.

“Kita hanya sampaikan prediksi dari BMKG, jika ada wilayah yang diprediksi akan terjadi cuaca extrem, camat wilayah tersebut yang harus waspada. Tinggal lagi camat baca atau tidak informasi yang diberikan,” sampainya. (Sfr)

Komentar

Berita Lainnya