oleh

Kapolda Babel Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Menumbing 2021

PANGKALPINANG – Polda Kepulauan Bangka Belitung menggelar Apel Gelar Pasukan Ops Kewilayahan Patuh Menumbing Tahun 2021 dan pemberian penghargaan kepada personil Polda Babel yang berprestasi.

Kegiatan upacara dan pemberian penghargaan ini dipimpin dan diserahkan secara simbolis oleh Kapolda Babel, Irjen Anang Syarif Hidayat di halaman Mapolda Babel, Senin (20/09/2021).

“Apel gelar pasukan ini dilaksanakan dalam rangka cipta kondisi dengan Lintas tersebut kita tidak bisa berdiam diri. Kita wajib melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan pemerintah yang bertanggung jawab dalam membina dan memelihara kamseltibcar lantas,” kata Kapolda dalam sambutannya.

Dia menerangkan, sesuai amanat Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan adalah bagaimana untuk mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan, kelancaran dan ketertiban berlalu lintas.

“Serta meningkatkan kualitas keselamatan, menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, membangun budaya tertib berlalu lintas serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik,” terangnya.

Menurut dia, hal tersebut tentunya sangat kompleks dan tidak bisa ditangani oleh polantas sendiri. Sinergitas antar pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar masalah, serta solusinya diterima dan dijalankan oleh semua pihak .

“Mencermati hal tersebut, di harapkan jajaran Ditlantas Polda mampu mempersiapkan langkah-langkah antisipasi, baik secara teknis maupun strategis agar dapat merubah mindset masyarakat Babel menjadi sadar dan taat peraturan lalu lintas serta mampu menciptakan kamseltibcarlantas dengan sendirinya,” paparnya.

“Sehingga potensi pelanggaran, kemacetan serta kecelakaan lalu lintas yang terjadi dapat diminimalisir. Hal ini kita lakukan guna mendukung program prioritas Kapolri yang disebut Presisi yaitu prediktif, responsibilitas dan transparans, berkeadilan,” imbuhnya.

Pada pelaksanaan Operasi Patuh tahun 2021  ini, diprioritaskan kegiatan preemtif dan preventif dalam bidang kamseltibcar lantas dengan mengedepankan kegiatan edukatif, persuasif, simpatik dan humanis dalam rangka meningkatkan simpati masyarakat terhadap polantas serta memberikan edukasi kepada masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan guna memutus penyebaran Covid-19.

Adapun sasaran Operasi Patuh tahun 2021 diprioritaskan terhadap lima hal, yakni antara lain :

1. Segala bentuk kegiatan masyarakat
Yang berpotens! Membentuk cluster penyebaran Covid-19.

2. Masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

3. Masyarakat yang tidak disiplin berlalu lintas.

4. Lokasi rawan macet, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

5. Mengendarai kendaraan dibawah pengaruh alkohol, miras dan narkoba. (EDI)

Komentar

Berita Lainnya