oleh

Peduli Pendidikan, Anggota DPR Bantu Siswa Kurang Mampu

PALEMBANG | Dalam rangka membantu siswa Sekolah Dasar (SD) yang kurang mampu anggota DPR RI memberikan bantuan berupa Program Indonesia Pintar (PIP) yang telah dicanangkan oleh pemerintah, karena siswa SD adalah aset generasi masa depan yang perlu perhatian.

“Masih banyak siswa SD byang perlu bantuan, karena kekurangan dana untuk memenuhi kebutuhan seperti membayar keperluan sekolah,”kata Anggota DPR RI Hj Renny Astuti SH SpN usai menyerahkan bantuan PIP, Senin (20/9).

Renny menuturkan dalam PIP dirinya membantu siswa SD 141 dan 53 Palembang,dengan PIP bukan hanya menyuport secara materi namun juga berupa semangat untuk terus belajar.

“Kita harus memberikan semangat dan support kepada anak-anak kita, untuk itu SDM harus disiapkan sedini mungkin karena persaingan akan semakin ketat,”kata politikus Gerindra ini.

Menurut Renny segala hal ihwal PIP sudah tercantum di Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 10 Tahun 2020 yang lantas petunjuk pelaksanaannya ditegaskan melalui Peraturan Sekretaris Jenderal Kemdikbud Nomor 7 Tahun 2021.

Dijelaskannya, ada dua kategori peserta didik yang berhak menerima PIP, yakni, pertama,siswa yang berasal dari keluarga yang tercatat di DTKS atau Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial.

“Di DTKS itu ada 10 kategori atau desil dan yang berhak menerima PIP adalah pada desil 1-4,yakni sangat miskin, miskin, hampir miskin dan rentan miskin, “kata Renny.

Kategori kedua adalah masyarakat miskin/rentan miskin namun karena berbagai hal tidak tercatat di DTKS, dan lantas diusulkan oleh dinas pendidikan atau pemangku kepentingan, seperti DPR atau Lembaga lainnya. (Zar)

Komentar

Berita Lainnya