oleh

Kalah dari Valencia, Nestapa Barca Berlanjut di La Liga

Nestapa Barcelona berlanjut di La Liga. Luis Suarez dkk takluk 1-2 dari Valencia di Camp Nou, Senin (18/4) dini hari WIB. (REUTERS/Albert Gea)
Nestapa Barcelona berlanjut di La Liga. Luis Suarez dkk takluk 1-2 dari Valencia di Camp Nou, Senin (18/4) dini hari WIB. (REUTERS/Albert Gea)

BARCELONA I Barcelona gagal memangkas jarak degan rival terdekatnya Atletico Madrid setelah Blaugrana takluk 1-2 dari Valencia di Camp Nou Senin (18/4) dini hari WIB. Kekalahan ini juga membuat posisi Blaugrana digusur tim peringkat ketiga, Real Madrid, yang hanya berjarak satu poin.

Peluang emas pertama milik Barcelona pun tercipta di menit keenam lewat kaki Lionel Messi. Umpan lambung sempurna dari Suarez, Messi yang sudah tak terkawal melepaskan tendangan dengan kaki kirinya namun masih bisa diblok penjaga gawang Valencia, Diego Alves.

Barca kembali menciptakan peluang di menit ke-10. Umpan tarik mendatar Jordi Alba di kotak penalti tak mampu dijangkau Luis Suarez. Dua menit berselang, peluang bersih Neymar lewat aksi tendangan cungkil masih mampu dimentahkan kiper Diego Alves.

Penjaga gawang asal Brasil itu kembali menjadi pahlawan Valencia di menit ke-24. Refleks cepatnya berhasil menggagalkan tendangan keras melengkung Lionel Messi dari luar kotak penalti.

Alih-alih berupaya mencetak gol cepat, gawang Barcelona justru kebobolan di menit ke-25. Tendangan keras Valencia Guilherme Siquera dari sisi kanan gawang Barca mengenai kaki Ivan Rakitic sehingga bola berbelok arah dan mengecoh kiper Claudio Bravo.

Intensitas serangan yang dilancarkan Azulgrana tidak diimbangi dengan kekuatan lini bertahan. Aibatnya, gawang Bravo kembali koyak di pengujung babak pertama melalui gol Santi Mina. Skor 2-0 untuk keunggulan Valencia bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Pada babak kedua, Blaugrana tetap mengndalikan permainan. Kerja keras anak-anak Katalonia akhirnya berbuah manis di menit ke-63 melalui aksi megabintang mereka, Lionel Messi.

Penyerang asal Argentina itu berhasil menyempurnakan umpan tarik Jordi Alba dengan sontekan kaki kiri yang tak lagi bisa dibendung kiper Diego Alves.

Los Che benar-benar harus berterima kasih kepada Diego Alves. Kecekatannya dalam mengantisipasi tendangan jarak dekat Rakitic di menit ke-74 masih mampu menyelematkan gawangnya dari kebobolan lebih banyak. Sedikitnya lima peluang emas Barca digagalkan Alves.

Barcelona kembali membuang peluang emas yang diperolehnya. Kali ini bek sentral Gerard Pique yang ikut membantu serangan mendapat umpan sempurna di kotak penalti. Sayang, tendangannya dari jarak dekat masih melebar dari gawang.

Kekalahan ini semakin memperburuk nasib Barca yang sudah terlempar dari peta persaingan Liga Champions setelah takluk dengan agregat 2-3 dari Atletico Madrid. Kini, singasana Barca di puncak klasemen kembali terancam direnggut Atletico yang sama-sama telah mengemas 76 poin.

Barca masih berada di puncak klasemen lantaran unggul selisih gol dari Atleti. Peta persaingan gelar juara pun makin panas karena perolehan poin yang dihasilkan Barca dan Atletico hanya berjarak satu poin dari Real Madrid yang menguntit di urutan ketiga. (CNN)

Komentar

Berita Lainnya