oleh

Kabupaten OKI Kembali Raih Penghargaan IRSA 2019

Ogan Komering Ilir | Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) kembali meraih penghargaan Indonesia Road Safety Award (IRSA) untuk yang kedua kalinya setelah berhasil meraih penghargaan yang sama pada 2018 lalu.

Penghargaan yang digagas oleh Adira Insurance dengan majalah SWA ini diikuti oleh 180 Kabupaten/Kota se Indonesia.

Kabupaten OKI berhasil meraih penghargaan pada Kategori Kabupaten dengan kepadatan penduduk rendah. “Alhamdulillah tahun ini kita kembali menerima penghargaan IRSA, Kabupaten OKI masuk dalam 23 besar IRSA dan mendapatkan penghargaan Kategori Kabupaten dengan kepadatan penduduk rendah bersama dengan Kabupaten Banyuasin dan Musi Banyuasin yang menjadi perwakilan provinsi Sumatera Selatan,”Kata kepala Dinas Perhubungan,Antonio Romadhon didampingi Kabid LLAJ Rayendra Abadi di ruang kerjanya, Kamis (19/12/2019).

Menurutnya, Penghargaan ini diberikan kepada Kabupaten/kota yang dianggap terbaik dalam hal penerapan tata kelola keselamatan jalan.

Katanya, ada lima pilar keselamatan jalan yaitu managemen keselamatan jalan, jalan yang berkesalamatan,kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan, dan penanganan Pra dan Pasca kecelakaan.

Ditambahkannya, penghargaan ini juga tidak lepas dari peran serta masyarakat Kabupaten OKI yang turut menjaga keselamatan berlalu lintas di jalan. “Penghargaan ini adalah untuk masyarakat OKI. Tapi bukan berarti setelah ini selesai, ini harus tetap kita jaga dan pertahankan meski tidak ada penghargaan sejenis,” ujarnya.

Kedepan kata Antonio pihaknya menargetkan penghargaan yang lebih tinggi lagi. “Target kita kedepan Kabupaten OKI bisa mendapatkan penghargaan tertinggi dan itu akan terwujud dengan sinergitas kelima pilar yaitu Bappeda, Dinas PU, Dinas Perhubungan, Satlantas, dan Dinas Kesehatan,”ungkapnya.

Sementara itu, CEO Adira Insurance, Julian Noor mengatakan, bahwa IRSA ini digelar seiring dengan keprihatinan terhadap tingginya tingkat kecelakaan di jalan raya. Untuk itu, hal ini dilakukan untuk memberi kontribusi terhadap peningkatan keselamatan di jalan dan menurunkan angka kecelakaan di Indonesia.

“Adira Insurance berkomitmen penuh untuk menurunkan angka kecelakaan di Indonesia dalam program ini, dengan mengajak seluruh lapisan masyarakat baik pemerintah, pihak lembaga swadaya masyarakat (LSM), pihak swasta dan berbagai pihak lainnya untuk terus peduli terhadap keselamatan di jalan,” kata Julian.

Pada IRSA 2019 ini, diikuti 180 Kabupaten/Kota yang selanjutnya terpilih 23 kota dan kabupaten finalis IRSA 2019. 23 finalis terpilih ini dinilai berdasarkan data-data keselamatan jalan seperti jumlah penduduk, luas wilayah, jumlah kecelakaan, jumlah fatalitas kecelakaan dan data pendukung lainnya.

Penghargaan IRSA 2019 ini diserahkan langsung oleh Direktur Transfortasi kementrian Bappenas RI, Ikhwan Rahman Hakim didampingi CEO Adira Insurance, Julian Noor kepada Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten OKI, Antonio Romdhon. (Romi)

Komentar

Berita Lainnya