pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Ekonomi & Bisnis

Kabupaten Empat Lawang Dapat Bantuan Mesin Rice Transplante

64
×

Kabupaten Empat Lawang Dapat Bantuan Mesin Rice Transplante

Sebarkan artikel ini
mesin-padi
pemkab muba
Kabupaten Empat Lawang Dapat Bantuan Mesin Rice Transplante
Rice Transplanter, alat tananam padi bantuan Kementan RI, yang akan diberikan Dinas Pertanian Perikanan dan Peternakan (DP3) Empat Lawang. Fhoto Ridi

EMPAT LAWANG I Petani padi di Kabupaten Empat Lawang mendapat bantuan 2 buah mesin Rice Transplanter (Alat penanam padi.red) dari Kementrian Pertanian (Kementan) RI. Bantuan dari kementrian ini akan diserahkan langsung kepada kelompok tani.

 “Iya baru-baru ini kita dapat bantuan 2 mesin Rice Transplanter dari pusat, alat ini khusus tanam padi, InsyaAllah dalam waktu dekat akan kita berikan kepada petani Empat Lawang,” ujar Kepala DP3 Empat Lawang, Rudianto Sp MSi, saat ditemui diruang kerjanya.

Dikatakan Rudi, alat tersebut akan diberikan ke petani di Pasema Air Keruh (Paiker) dan Pendopo. “Memang dua wilayah ini yang mengusulkannya,” tuturnya

Dijelaskannya, adanya bantuan Rice Transplanter  mempermudah petani Empat Lawang, menanam padi lebih cepat dan lebih efektif dan efesien.

“Dengan mesin itu cukup dua orang saja yang melakukan penanaman, pekerjaan lebih efektif dan efesien, jarak tanam sudah diatur, mempermudah tanam jajar legowo, dan lebih menghemat tenaga. Kalau menanam secara manual, kita tahu sendiri, menanam butuh sepuluh orang, memakan waktu, terlebih mengguras tenaga petani,” urainya

Dan alat Rice Transplanter ini akan terus diajukan pihak DP3 sesuai dengan kebutuhan dan ajuan dari pihak kelompok tani. “Kalau memang dibutuhkan, dan ada pengajuan dari kelompok tani, maka kami akan segera ajukan ke Kementrian,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Produksi beras Kebupaten Empat Lawang di 2015 mengalami peningkatan produksi ( Surplus) sebanyak 31.747 ton. Dimana di 2015 mencapai 148.555 Ton dari 116.808 Ton beras dihasilkan di 2014. (Ridi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *