pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Palembang

Jumlah Penduduk Kota Palembang Bertambah 10 Persen

504
×

Jumlah Penduduk Kota Palembang Bertambah 10 Persen

Sebarkan artikel ini
Urbanisasi
pemkab muba
Jumlah Penduduk Kota Palembang Bertambah  10 Persen
Ilustrasi Google Images

PALEMBANG I Momentum hari raya lebaran membuat arus urbanisasi masyarakat dari luar Palembang mengadu nasib di Kota palembang masih diatas normal. Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kota Palembang, rata-rata penambahan penduduk dari daerah ke kota  mencapai 10-15 persen.

Kepala Disdukcapil, Ali Subri mengatakan, sejauh ini belum terjadi pelonjakan yang berarti dari dampak urbanisasi ini. Dari data sementara, tercatat perpindahan penduduk masih di batas normal sekitar 10-15 persen.

“Kebanyakan warga pendatang  membawa keluarga . Ada yang tinggal menetap, ada juga yang sekedar liburan, ini tentu terjadi peningkatan yang masih normal,”jelasnya, Senin (11/7/2016).

Pihaknya belum mendapatkan angka pasti mengenai jumlah penambaham penduduk ini. Yang jelas, banyak usia produktif di bidang kontruksi yang memang bekerja di beberapa proyek di Palembang.aat ini jam masuk kerja sudah efektif berjalan. Mungkin sudah bisa didata. Maka itu kami tunggu laporan per kecamatan dulu, baru kemudian dapat terdata dengan rinci,”ujar dia

Sementara itu, menurut  kepala Disnaker Palembang,Isnaini Mudani. Menurutnya, ada baiknya masyarakat urban yang datang ke Palembang harus memiliki skill sehingga bisa produktif dalam mencari nafkah sehingga dapat mengurangi angka pengangguran. Yang terus meningkat.

“Jika banyak pengangguran, maka kriminalitas juga meningkat. Apalagi Palembang ini sedang banyak pembangunan, maka itu kita membutuhkan dibidang kontruksi yang lebih dominan,”urainya.

Menurutnya, jumlah urbanisasi tahun ini meningkat karena dampak pembangunan marak sekali. Berdasarkan data bulan Agustus hasil Badan Pusat Statistik (BPS) sumsel tahun 2015 tingkat pengangguran terbuka di sumsel menyentuh angka 6.1 persen. Tapi pada April 2016 menurun jadi 3.9 persen.

“Besar sekali dampak pembangunan yang sedang terjadi saat ini dalam merekrut pekerja. Apalagi untuk di Palembang ada sekitar  4.000 perusahaan besar dan 31.000 perusahaan menengah, banyaknya perusahan akan banyak menyedot tenaga,”pungkasnya. (Supardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *