oleh

Jitut Tingkatkan Produktivitas Petani di Musirawas

MUSIRAWAS – Sejumlah petani di Desa Air Lesing, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musirawas (Mura) mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Bupati Mura, H Hendra Gunawan atas inovasi yang membuat petani dapat kembali bercocok tanam dengan telah dibangunya Jaringan Irigasi Tingkat Usaha Tani (Jitut).

Tak hanya itu, Jitut juga disebut dapat meningkatkan panen petani di Air Lesing dan membuat para petani lebih sejahtera. Hal ini sebagaimana diungkapkan Ngadino (45) yang mewakili petani di Desa Air Lesing saat bupati meninjau Jitut, Selasa (5/1/2021).

Dikatakan Ngadino, bersama para petani lain dia telah merasakan dampak positif ataupun manfaat besar dengan teralirinya sawah-sawah mereka. “Kami para petani, sangat apresiasi kebijakan pak bupati H2G atas program membangun Jaraingan Irgasi. Dengan irigasi, kami petani merasa terbantukan. Iragasi pun bermafaat besar, mendukung pengairan cetak sawah. Sehingga, kedepanya hasil pertanjan menjadi meningkat,” bebernya.

“Jika selama ini kami hanya bisa panen padi 2 kali dalam setahun, namun sekarang kami bisa panen 3 kali bahkan ada yang 4 kali dalam setahun tergantung varietas  yang digunakan petani tersebut,” katanya menambahkan.

Dalam kesempatanya, Bupati Mura, H2G didampingi Kadis Pertanian, Zuhri Syahwal, Plt Camat Muara Beliti Dicky Zulkarnain menegaskan dengan terbangunya Jitut, yang mana bersumber dari anggaran APBD Mura tahun 2020. Kedepan diharapkan hasil pertanian, khsususnya di Desa Air Lesing, Muara Beliti meningkat.

“Dibangunya Jitut ini, ke depanya mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat khususnya untuk memberikan akses pengairan ke sawah milik petani. Peran aktif masyarakat sangat penting dalam pemeliharaan dan perawatan pembangunan yang ada,” tukasnya. (NURDIN).

Komentar

Berita Lainnya