pemkab muba pemkab muba pemkab muba
OKI Mandira

Jelang Ramadhan, Pemkab OKI Bersama Kejari Gelar Operasi Pasar Murah

77
×

Jelang Ramadhan, Pemkab OKI Bersama Kejari Gelar Operasi Pasar Murah

Sebarkan artikel ini
pemkab muba

OKI – Jelang bulan suci Ramadhan tahun ini, pemerintah kabupaten bersama dengan Kejaksaan Negeri OKI adakan operasi pasar murah. Hal ini digelar untuk menjaga keterjangkauan harga sekaligus jadi momentum edukasi kepada masyarakat untuk bisa belanja dengan bijak.

Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) OKI M. Refly mengungkapkan, kegiatan pasar murah ini rutin digelar tiga kali dalam sepekan sebagai upaya untuk pengendalian inflasi dan menjaga keterjangkauan harga bahan pangan pokok.

“Kita terus mobile berpindah lokasi untuk kegiatan pasar murah ini. Pernah dilaksanakan di Taman Segitiga, Pasar Tradisional Kayuagung, Kodim 0402, Polsek Kayuagung dan lain sebagainya. Hari ini bersama Kejari OKI kita gelar operasi pasar murah di halaman eks kantor Bupati OKI untuk membantu masyarakat,” terangnya, Kamis (7/3/2024).

Refly menyampaikan agar masyarakat belanja yang sewajarnya saja.

“Mari belanja bijak agar harga tidak melonjak,” ajak dia sekaligus menutup sambutannya.

Sementara itu, Kajari OKI Hendri Hanafi mengatakan, dalam operasi pasar murah ini akan disediakan seribuan paket beras dan sembako.

“Terima kasih jajaran Pemerintah Kabupaten OKI yang telah mendukung kegiatan pagi hari ini. Operasi pasar murah dengan harga terjangkau sebagai upaya kendalikan inflasi jelang bulan suci Ramadhan,” ujar Hendri.

Ia juga mengimbau agar masyarakat dapat dengan tertib dan kondusif.

“Tidak perlu khawatir, kupon telah disediakan sesuai dengan stok sembakonya. Perlu diingat, agar tidak ada transaksi jual beli kupon, gunakan sesuai dengan kebutuhan, sewajarnya saja,” imbaunya sebelum menyerahkan paket sembako secara simbolis.

Dalam operasi pasar murah tersebut, selain paket beras 5 Kg ditambah minyak goreng seharga 1 liter yang ditebus dengan harga Rp 65.000, setelah disubsidi Rp 4.000 dari Bank Sumsel Babel juga tersedia paket sembako Rp 70.000 dari Perusahaan Daerah Bende Seguguk.

Menariknya, dalam operasi pasar murah ini juga disediakan pelayanan hukum gratis dari Kajari OKI, cek kesehatan gratis dari Dinas Kesehatan OKI. Kemudian Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman, dan Hortikultura menawarkan sayuran serba Rp 5.000/Kg (kacang panjang, terang, dan kesek), pisang Rp 3.000/sisir, sawi Rp 2.000 satu ikat, cabe merah Rp 50.000/Kg dan cabe hijau Rp 30.000/Kg.

Lalu Dinas Perikanan menawarkan ikan gurame Rp 42.000/Kg, ikan nila Rp 28.000/Kg, ikan lele Rp 20.000/Kg dan ikan patin Rp 22.000/Kg. Ada juga kopi bubuk dalam kemasan dari Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian serta diikuti produk UMKM lokal serta Indofood dan Teh Sosro. (Jang Mat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *