oleh

Ini Tanggapan Kompol Suryadi Soal Pungli Petugas Penyekatan PPKM di Pintu Tol Keramasan

Palembang l Kompol Suryadi. Sik. MH yang merupakan Serdik Sespimmen Angkatan 61 tahun 2021, angkat suara tentang penangkapan lima orang pelaku pungli terhadap sopir truk di pintu tol Keramasan Ogan Ilir Sumatera Selatan, Rabu (21/07/2021) Sepekan yang lalu.

Diketahui kelima tersangka diamankan oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumsel.

Kelima orang tersebut merupakan oknum honorer di instansi BPBD, Dishub dan Sat Pol PP Kabupaten Ogan Ilir yang tergabung dalam Satgas Covid 19 penyekatan PPKM Mikro.

Kelimanya adalah B honorer BPBD Ogan Ilir, AR honorer Satpol PP Ogan Ilir, N honorer Satpol PP Ogan Ilir, H Dishub Ogan Ilir dan MNP honorer Dishub Ogan Ilir.

Modus operandi pungli yang dilakukan lima pelaku yakni menyetop mobil truk maupun Fuso yang masuk dari tol Keramasan menuju ke Lampung dan pulau Jawa lalu menanyakan surat bebas Covid 19 berupa sertifikat vaksin maupun surat antigen kepada sopir. Jika sopir tidak bisa menunjukkan surat bebas Covid akan disuruh putar balik. Tapi kalau ingin lolos melintas sopir harus membayar uang sebesar Rp 20 ribu sampai Rp 50 ribu

Kompol Suryadi. Sik. MH mengatakan, bahwa Kejadian ini merupakan hal yang akan terus dilakukan oleh petugas di lapangan, yang tidak memiliki integritas yang tinggi dalam pelaksanaan tugas mulia ini.

” Dimana yang bisa bersentuhan langsung dengan masyarakat khususnya pengguna jalan,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan, perlunya pengetatan pengawasan yang dilakukan oleh pimpinan disetiap kegiatan yang dilakukan secara terpadu.

” Ya benar, perlunya sidak langsung ke lapangan atas kegiatan yang dilaksanakan serta undercover terhadap sopir dan masyarakat pengguna jalan dan masyarakat sekitar apakah ada pungli-pungli lain yang dilakukan oleh oknum petugas dan info ditempat lainnya,” jelasnya.

Dikatakan lagi, Kompol Suryadi. SIK. MH menambahkan, tindakan tegas atas oknum pelaku yang melakukan pungli ini untuk menjadi pelajaran bagi oknum-oknum yang lainnya.

” Yang memanfaatkan kesempatan dalam kegiatan Pencegahan Covid-19 di Sumsel,” cetus mantan Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel Kompol Suryadi. SIK. MH kepada beritamusi.co.id, Rabu (28/07/2021) pukul 15.00 WIB. (Abdus)

Komentar

Berita Lainnya