pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Lahat

Ini Dia Tiga Kandidat Calon Bupati-Wakil Bupati Lahat

99
×

Ini Dia Tiga Kandidat Calon Bupati-Wakil Bupati Lahat

Sebarkan artikel ini
pemkab muba pemkab muba

Lahat-Siapa saja sosok yang akan mengikuti perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) calon Bupati dan wakil Bupati Lahat, saat ini mulai terlihat. Sejauh ini ada tiga sosok yang berpotensi melenggang dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Terlebih ketiga sosok ini saat ini sudah mendapatkan rekomendasi partai politik yang memiliki kursi di DPRD Lahat.

Sosok pertama ada nama Lidyawati Cik Ujang. Sudah mendeklarasikan diri berpasangan dengan H Haryanto, (wakil Bupati Incumben) saat ini istri dari mantan Bupati Lahat, Cik Ujang, ini sudah mendapatkan rekomendasi untuk maju di Pilkada Lahat dari Partai Demokrat dan Hanura. Kedua partai ini jika digabungkan sudah mengumpulkan sembilan kursi. Delapan kursi Demokrat dan satu kursi partai Hanura.

Jika melihat syarat minimum kursi yang menjadi ketentuan parpol bisa mengusung calon bupati dan wakil bupati Lahat yang hanya delapan kursi, maka dipastikan pasangan Lidyawati Haryanto, akan melenggang mengikuti Pilkada Lahat. Disisi lain, dukungan terhadap pasangan Lidyawati-Haryanto kembali bertambah. “Alhamdulillah saat ini sudah dua partai kita juga terus inten dengan beberapa partai lain yang kita harapkan bisa memberikan dukunganya kepada kami berdua, ” Sampai Lidyawati, usai menerima rekomendasi dari Partai Hanura dan Demokrat beberapa waktu lalu.

Sosok kedua yang berpotensi maju di Pilkada Lahat, ada nama Bursah Zarnubi. Sudah mendapatkan rekomendasi dari DPP Partai Amanat Nasional (PAN) mantan ketua umum Partai Bintang Reformasi ini canter dikabarkan maju di Pilkada Lahat. Meski baru mengumpulkan tiga kursi dari PAN, namun lelaki yang akrab disapa BZ ini berpeluang mendapatkan dukungan dari Parpol lain yang saat ini belum menentukan sikap di Pilkada Lahat.

“DPP PAN hanya merekomendasika satu nama untuk maju di Pilkada Lahat yakni Bursah Zarnubi. Surat sendiri sudah diserahkan dan tinggal menetapkan SKnya saja. Sebagai ketua PAN Lahat, kami tidak egois menuntut untuk menjadi wakilnya BZ meski dia bukan kader PAN. Terpenting bisa memberikan kesejahteraan bagi warga Lahat kedepanya, ” Terang ketua DPD PAN Lahat, M Ariadi, SE.

Sementara diposisi ketiga ada nama Yulius Maulana. Mantan Wakil Bupati Kabupaten Empat Lawang ini juga hampir dipastikan akan maju di Pilkada Lahat, November 2024 mendatang. Pasalnya, Informasi yang dirangkum media ini, Yulius sendiri sudah mendapatkan rekomendasi dari partai Nasdem dan PPP. Meski saat ini baru mengumpulkan lima kursi Nasdem tiga kursi dan PPP dua kursi, namun Yulius berpeluang besar juga diusung oleh PDIP yang memiliki lima kursi. Pasalnya, selain kader PDIP Yulius Maulana juga ketua DPC PDI Kabupaten Lahat. Yulius sendiri digadang gadang akan berpasangan dengan Arry, Amd, Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Lahat.

Namun demikian, hingga saat ini politik Jepang Pilkada Lahat masih sangat cair. Beberapa partai belum menentukan sikap dan bisa juga mengusung calon lain diluar tiga nama tersebut. Untuk diketahui, kursi di DPRD Lahat sendiri berjumlah 40 . Sementara untuk pasangan calon bupati dan wakil bupati yang ingin maju di Pilkada Lahat, melalui partai politik batas minimum harus mampu mengumpulkan dukungan delapan kursi. Sfr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *