oleh

Hilang Tahun 2011 Lalu, Senpi Milik Polres Basel Ditemukan, Terduga Pelaku Oknum Anggota Polisi

Toboali | Berawal dari media sosial Facebook, oknum polisi yang bertugas di Polsek Airgegas berinisial JA berpangkat Brigadir akhirnya digelandang ke Mapolres Basel pada Selasa (28/4). 

Brigadir JF diduga menjadi dalang dibalik hilangnya senjata pistol (senpi) organik laras panjang jenis SS1-V2 milik Polres Basel pada tahun 2011 lalu. 

Kapolres Basel AKBP Stanislaus Ferdinand Suwarji membenarkan terduga pencurian sepucuk senpi milik polres atas nama JA telah diringkus petugas. Saat ini dia telah mendekam di rutan Polres Basel. 

Sebagaimana Laporan Polisi (LP) Nomor LP/A-259/IV/2020/Babel/Res Basel/SPKT, tanggal 28 April 2020, Kapolres Basel AKBP Stanislaus Ferdinand Suwarji menceritakan kronologis terungkapnya pelaku pencurian senpi itu. 

Awalnya, pada Selasa (28/4) sekira pukul 09.00 WIB, petugas mendapat informasi dari medsos Facebook bahwa adanya anggota Polsek Airgegas yang mengupload foto menggunakan senpi laras panjang.

Foto anggota polsek yang menggunakan senpi jenis SS1-V2 itu diambil di sebuah pabrik batako di Jl Simpang Bemban Desa Nibung, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng).

Foto itu diupload oleh Brigadir JA bersama seorang temannya pada Minggu tanggal 25 Desember 2016 pukul 09.45. Berdasarkan latar belakang bahwa Polres Basel pernah kehilangan senpi laras panjang.

Jenis SS1-V2 dengan nomor Reg AGFO17894 beserta magazin yang berisi amunisi 10 butir peluru tajam pada tahun 2011. Pada saat itu Brigadir JA pernah tinggal di barak dalmas awal mula senpi itu hilang. 

“Sehingga patut dicurigai bahwa senpi yang digunakan oleh Brigadir JA bersama teman dia untuk berfoto di pabrik batako itu adalah senpi Polres Basel yang hilang,” ujar Kapolres AKBP Ferdinand, Rabu (29/4).

Melihat dari latar kedinasan Brigadir JA saat mengupload foto di FB, dirinya sedang berdinas di Siwas (TMT 31/07/2016) sehingga tidak memungkinkan untuk gunakan senpi laras panjang.

“Jadi pada Selasa kemarin sekitar jam dua siang anggota yang dipimpin oleh Ipda Ridwan Nirasuanda selalu Kasi Propam Polres Basel atas perintah saya berangkat menuju Polsek Airgegas,” ujarnya. 

Setibanya di polsek, Brigadir JA berikut HP yang dimilikinya segera diamankan anggota. Dia langsung dibawa ke rumah di pabrik batako tersebut dan melakukan upaya penggeledahan.

“Setelah dilakukan penggeledahan didapat sepucuk senpi laras panjang jenis SS1-V2 dengan nomor AGFO17894 di dalam lemari Brigadir JA yang mana nomor seri itu sama dengan senpi Polres Basel yang hilang,” kata dia. 

Atas kejadian tersebut Brigadir JA beserta barang bukti satu pucuk senpi laras panjang jenis SS1-V2 sabhara langsung diamankan ke Polres Basel dan diserahkan Satreskrim untuk dilakukan proses lebih lanjut. (Devi)

Komentar

Berita Lainnya