pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Pemprov Sumsel

Herman Deru Ingin Kepala Daerah Buat Icon Daerah dari Potensi yang Ada

42
×

Herman Deru Ingin Kepala Daerah Buat Icon Daerah dari Potensi yang Ada

Sebarkan artikel ini
IMG-20210201-WA0028
pemkab muba

PALEMBANG – Gubernur Sumatera Selatan  (Sumsel) H. Herman Deru menginstruksikan para kepala daerah ditingkat  Kabupaten/kota di Bumi Sriwijaya  untuk dapat memprioritaskan mengangkat potensi daerah setempat menjadi icon  andalan. Hal ini penting karena  terkait dengan  jumlah anggaran yang akan dialokasikan Pemprov Sumsel kedaerah bersangkutan di Tahun Anggaran 2021.

“Kita sesuaikan dengan apa potensinya didaerah tersebut seperti pertanian dan perkebunan, maka kita maksimalkan hasil produksinya.  Melalui pembuatan bendungan atau  irigasinya,” ungkap Herman Deru disela-sela mendengarkan paparan program prioritas Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang H. Joncik Muhammad dan Yulius Maulana di ruang rapat Gubernur, Senin (1/2/2021) siang.

Herman Deru menginginkan, proyek yang akan dijalankan di masing-masing daerah tersebut dapat menjadi trendsetter diluar daerah termasuk ditingkat Provinsi maupun nasional. “Seperti di Empat Lawang sangat kemungkinan untuk menanam jagung, karena struktur tanahnya mendukung, maka harus ditingkatkan produksinya. Seperti saya pernah sampaikan harus ada yang ditonjolkan. Sekarang kita harus bicara icon,” tambahnya.

Selanjutnya Gubernur menekankan, program proyek strategis yang telah disusun Kabupaten Empat Lawang seharusnya direncanakan dengan matang karena sangat erat kaitannya dengan pendanaan. Terlebih di TA. 2021 ini Pemprov fokus pada penyelesaian berkelanjutan (multiyears) atau proyek-proyek yang mangkrak.

“Untuk tahun ini  akan kita fokuskan pada penyelesian proyek  strategis seperti Jembatan Lawang Agung. Proyek jalan akses antar kelurahan antar desa juga harus tuntas,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Empat Lawang H. Joncik Muhammad mengatakan pihaknya akan berusaha mensinergikan  program kerja sesuai dengan keinginan Gubernur. Utamanya termasuk terkait dengan  mengangkat potensi yang akan menjadi icon daerah. “Kita akan kerjasama dengan ITB sebagai salah satu upaya mengangkat potensi Empat Lawang sehingga menjadi icon. Kita juga  tentunya akan melibatkan  tenaga  para sarjana  yang ada didaerah kita,” ujar Joncik.

Sebelumnya Joncik dalam paparannya menyebut ada sejumlah program strategis yang menjadi prioritasnya untuk dituntaskan tahun ini diantaranya  menyelesikan pembangunan jembatan Lawang Agung, Bandar Agung Kecamatan Pasemah Air Keruh sepanjang 80 meter. Selain itu  melanjutkan pembangunan jalan Talang Gawo- Desa Seleman Ilir  sepanjang 4 km.  Peningkatan Jalan Muara Saling Kecamatan Saling  sepanjang 3 km. Kemudian peningkatan jalan Desa Pancormas Kecamatan Tebing Tinggi sepanjang 3 km. Serta Pembangunan jalan desa Karang Gede menuju Talang Tengah Padang Kecamatan Sikap  dengan panjang 13 km  serta  Pembangunan jalan Talang Meni Baturaja – Tabah Kebon sepanjang 6 km. (ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *