oleh

Herman Deru Dinobatkan Gubernur Inovatif 2020

PALEMBANG – Kerja keras Gubernur Sumsel H Herman Deru untuk terus meningkatkan perekonomian meskipun di tengah wabah COVID-19 berbuah manis. Orang nomor satu di Sumsel itu dinobatkan dan dianugerahkan penghargaan sebagai Kepala Daerah Inovatif Kategori Ekonomi Tahun 2020 dari Koran Seputar Indonesia (SINDO) dan Sindonews (MNC Group).

Pengumuman Kepala Daerah Inovatif tersebut berlangsung secara virtual dan dihadiri langsung oleh Gubernur Sumsel, H Herman Deru dari Command Center Kantor Gubernur Sumsel, Rabu (26/8/2020).

Herman Deru diketahui merupakan satu-satunya Gubernur yang menerima penghargaan Kepala Daerah Inovatif Kategori Ekonomi 2020.

“Inovasi yang kita lakukan itu merupakan bentuk keikhlasan dan tanggungjawab kita kepada masyarakat. Bahwa di situasi pandemi ini kita menginginkan masyarakat tetap produktif sehingga perekonomian tetap tumbuh,” kata HD, disela acara tersebut.

Dengan adanya penghargaan tersebut, HD mengatakan, hal itu tentu semakin memacu dirinya dan jajaran untuk lebih berinovasi lagi di berbagai sektor. “Tentunya kita semakin semangat meskipun kita memang tidak mengejar penghargaan ini. Adanya penghargaan ini mudah-mudahan dapat memberi resonansi baik kepada pemerintah daerah maupun masyarakat untuk terus berinovasi,” paparnya.

Terpilihnya Herman Deru sebagai Kepala Daerah Inovatif Kategori Ekonomi ini berawal dari inisiasinya mengendorse produk yang dihasilkan UMKM di Sumsel secara gratis melalui akun media sosialnya. Bahkan upaya tersebut dilakukan Herman Deru secara berkesinambungan guna menjaga pertumbuhan ekonomi di Sumsel, terlebih di saat pandemi COVID-19.

Tidak hanya itu, sektor yang tak kalah penting yang menjadi perhatian Herman Deru adalah pertanian yang memang menjadi andalan Sumsel. Dimana , Herman Deru mengupayakan para petani untuk lebih mudah mendapatkan kucuran kredit tanpa harus dipusing dengan syarat agunan melalui kuota Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang jumlahnya mencapai Rp4,4 triliun.

“Sebagai kepala daerah, ada tiga hal pokok yang harus kita sediakan untuk masyarakat untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi ini. Antara lain keterampilan, modal, dan market atau pasarnya,” jelasnya.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi Koran Sindo/Sindonews, Jaka Susila mengatakan, penghargaan tersebut diberikan untuk kepala daerah yang tak henti-hentinya berinovasi untuk kesejahteraan masyarakat. “Ini sebagai dukungan kita untuk mendorong kinerja yang telah dilakukan kepala daerah. Inovasi yang telah dilakukan kepala daerah merupakan inspirasi yang harus dihargai dan disebar ke tengah masyarakat,” kata Jaka.

Dia menjelaskan, inovasi yang telah dilakukan kepala daerah tentu merupakan salah satu langkah pemerintah dalam melawan pandemi covid-19. “Semoga ini bisa menjadi langkah awal kita untuk bangkit dari pandemi Covid-19 ini,” paparnya.

Sementara itu Menteri Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi RI, Tcahjo Kumolo mengapresiasi langkah yang dilakukan Koran Sindo. Menurutnya, penghargaan yang diberikan tersebut dapat memantik semangat seluruh kepala daerah agar dapat berinovasi dalam memberikan pelayanan dan memajukan daerahnya.

“Ini (penghargaan) bisa menjadi rangsangan bagi daerah lain sehingga lebih berinovasi dengan melahirkan ide baru dalam melayani masyarakat dan memajukan daerahnya,” pungkasnya. (Ade)

Komentar

Berita Lainnya