oleh

Herman Deru Dampingi Kapolri Tingkatkan Imun Masyarakat Sumsel Antisipasi Omicron 

OGAN KOMERING ILIR – Gubernur Sumsel H. Herman Deru mendampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam rangka melakukan pengawasan akselerasi serta percepatan program vaksinasi serentak di GOR Perahu Kajang, Kayu Agung, Kabupaten OKI, Kamis (24/2/2022) siang.

Melalui percepatan vaksinasi ini ditargetkan imunitas masyarakat Sumsel semakin meningkat sehingga dapat mengantisipasi penyebaran Covid-19 varian Omicron.

Dalam kesempatan press conference, Kapolri mengungkapkan bahwa vaksinasi di Kayuagung Kabupaten OKI ini dilaksanakan dan diikuti sebanyak 2000 orang. Vaksinasi dilakukan dengan prokes yang sangat ketat.

Ia juga mengapresiasi kerjasama yang telah dilakukan Gubernur Sumsel beserta Forkopimda Provinsi maupun di kab/kota yang mendukung percepatan vaksinasi dengan meningkatkan capaian laju suntikan vaksin.

“Alhamdulillah Saya dapat laporan bahwa target pencapaian laju suntikan di Sumsel telah ditingkatkan dari biasanya di angka 50.000-60.000 sekarang jadi 90.000,” tuturnya.

Kapolri juga mengingatkan bahwa saat ini penyebaran varian omicron menunjukkan tren peningkatan. Bahkan terjadi pergeseran penyebaran yang terasa di luar Jawa dan Bali.

“Walau di Jawa dan Bali trennya sudah turun. Sementara di luar Jawa tren naik dan angka kematian  nasional meningkat. Mau tidak mau kita harus mempersiapkan kesehatan dan imun masyarakat, sebelum penyebaran varian baru ini terus meningkat,” jelas Kapolri.

Untuk itulah melalui akselerasi dan percepatan program vaksinasi ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk melengkapi vaksinasinya baik itu vaksin dosis 1 dan 2 serta mendorong percepatan vaksinasi ke-3.

“Percepatan vaksinasi ini sangat penting karena kita pernah mengalami laju varian delta sangat tinggi dan dampaknya luar biasa dan angka kematian tinggu,” tambahnya.

Agar hal tersebut tidak mengganggu aktivitas masyarakat dan mengurangi resiko bagi lansia yang belum mendapat vaksin lengkap, karena itu percepatan vaksinasi penting dilakukan di semua wilayah.

“Akselerasi  percepatan ini penting. Kita targetkan minggu ini di seluruh wilayah  dan dikontrol setiap hari untuk capaian vaksinasi dosis 2 mininal 70% dan dosis pertama  minimal 90% kecuali  di 3 provinsi yang masih jauh tertinggal,” jelasnya.

Melalui percepatan vaksinasi ini pihaknya berupaya mendorong dan meyakinkan masyarakat untuk memastikan masyarakat memiliki kesehatan dan imunitas agar lebih siap mengantisipasi penyebaran Omicron yang trennya kini cenderung meningkat.

Sementara Gubernur Sumsel H. Herman Deru  mengungkapkan bahwa capaian vaksinasi COVID-19 di 17 kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Selatan hingga tanggal 23 Februari 2022 untuk dosis pertama sudah mendekati 100 persen.

“Untuk dosis pertama capaian kita sudah 92,12 perseb  artinya sudah mendekati 100 persen. Dengan program seperti ini kita yakin ini segera tercapai karena untuk mengantisipasi Covid ini kita semua memang harus bersinergi,” singkatnya.

Jika dosis pertama capaian vaksinasi di Sumsel sudah mencapai 92, 12% dari target 6,3 juta jiwa, untuk dosis 2 capaian vaksinasi COVID-19 di kab/kota di Sumsel sudah mencapai 62,83% dan dosis 3 capaian vaksinasi mencapai 2,83%.

Selain meninjau langsung proses vaksinasi, dalam kegiatan itu Gubernur Sumsel H. Herman Deru juga ikut mendampingi Kapolri berinteraksi dengan warga yang melakukan vaksinasi dan video conference dengan jajaran Polda Sumsel serta menyerahkan bingkisan kepada masyarakat. (Ade)

Komentar

Berita Lainnya