oleh

Hadapi IoT, Indosat Bawa Solusi Komunikasi Mesin eMagic

Petugas layanan purna jual melayani pelanggan Indosat Ooredoo di gerai yang berlokasi di kantor pusat Indosat Ooredoo di Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa, 24 November 2015. (CNN Indonesia/Aditya Panji)
Petugas layanan purna jual melayani pelanggan Indosat Ooredoo di gerai yang berlokasi di kantor pusat Indosat Ooredoo di Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa, 24 November 2015. (CNN Indonesia/Aditya Panji)

JAKARTA I Perusahaan telekomunikas Indosat Ooredoo masuk lebih dalam di era Internet of Things atau segalanya terhubung Internet dengan memberi solusi komunikasi mesin ke mesin (machine-to-machine/M2M).

Perusahaan berkata eMagic merupakan solusi M2M terbaru yang dirancang untuk memudahkan pelanggan korporasi dalam menghubungkan dan mengelola komunikasi antar perangkat atau mesin dengan layanan manajemen penuh.

Solusi ini diklaim aman dengan proses enkripsi melalui jaringan komunikasi multi akses yang terjamin serta menghasilkan efisiensi anggaran.

Director and Chief Wholesale & Enterprise Officer Indosat Ooredoo, Herfini Haryono mengatakan, layanan ini memberi kesempatan kepada korporasi untuk lebih fokus pada bisnis intinya dan tidak direpotkan dengan masalah konektivitas.

“Dengan konsep full managed services, pelanggan tidak akan direpotkan dalam hal instalasi, operasi dan pemeliharaan konektivitas,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com.

Sebagai sebuah solusi, eMagic bisa diterapkan pada berbagai industri seperti mesin ATM atau EDC pada perbankan, gateway untuk sensor pada perusahaan minyak dan gas, penyiaran, live streaming, ritel, periklanan, kantor cabang, dan industri lain yang membutuhkan komunikasi data.

Di sini, Indosat juga memberi layanan manajemen yang mencakup instalasi, operasi dan pemeliharaan, sehingga pelanggan tak perlu repot mengurus urusan konektivitas. Tentu saja, pelanggan dikenakan biaya tetap bulanan yang sudah mencakup semua layanan.

“Kami ingin menjadi mitra yang tepat bagi para pelanggan bisnis atau pelaku usaha yang ingin mengimplementasikan teknologi dalam upaya mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan,” tutup Herfini. (CNN)

Komentar

Berita Lainnya