pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Pemprov Sumsel

Gubernur Herman Deru Terima Penghargaan Karya Bhakti Peduli Satpol PP

28
×

Gubernur Herman Deru Terima Penghargaan Karya Bhakti Peduli Satpol PP

Sebarkan artikel ini
Herman Deru
pemkab muba

PALEMBANG |Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kembali menambah daftar panjang koleksi penghargaan bergengsinya tahun 2020. Kali ini Sumsel mendapatkan penghargaan “Karya Bhakti Peduli Satpol PP” dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tito Karnavian yang diserahkannya langsung kepada Gubernur Sumsel Herman Deru pada Upacara Peringatan HUT Satpol PP ke 77 dan Sat Linmas ke 58 di Eks Bandara Selaparang Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (03/03/2020) pagi.

Selaku Inpekstur Upacara, Mendagri RI Tito Karnavian mengaku bangga terhadap dedikasi Satpol PP dan Sat Linmas yang telah memberikan kontribusi besar dalam keamanan, ketertiban kepada masyarakat selama ini. Bahkan, menurut Tito ini menunjukan bahwa eksistensi Satpol PP dan Sat Limnas dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa Indonesia dibutuhkan oleh masyarakat.

“Dua satuan ini agar dapat terus eksis. Kita lihat sekarang masih eksis walaupun usia Satpol PP 77 Tahun dan Sat Linmas 58 Tahun. Artinya Satpol PP dan Sat Linmas ini dibutuhkan oleh rakyat dan diakui keberadaan oleh rakyat,” katanya.

Dengan memiliki usia yang cukup dewasa serta memiliki landasan histori yang sangat kuat, Satpol PP diakuinya  bagian dari perjuangan bangsa dan dibutuhkan masyarakat karena Satpol PP terutama menegakan peraturan daerah dan peraturan kepala daerah khusus menjaga ketertiban umum dan wilayah daerahnya masing-masing.

Dan tak lupa juga, Tito mengatakan bahwa keberadaan Sat Linmas mempunyai fungsi paling utamanya pada saat pengamanan penyelenggaraan pilkada disamping itu juga tugas lain yang diberikan adalah dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban umum. “Kedepan saya harap untuk lebih dicintai dan lebih kuat maka keduanya harus lebih profesional dan integritas,” ucapnya.

Lebih jauh Tito mengingatkan bahwa dengan adanya kewenangan yang ada sesuai undang -undang maupun peraturan-peraturan lain, Dia meminta untuk gunakan kewenangan tersebut secara profesional jangan berlebihan, arogan, dan bersifat yang tidak humanis apalagi menggunakan kekerasan yang membuat masyarakat tidak empati lagi kepada Satpol PP dan Sat Linmas.

“Selamat HUT Satpol PP dan Sat Linmas, semoga semakin profesional dan semakin dekat di hati rakyat,” tutupnya.

Sementara itu, usai menghadiri Upacara Peringatan HUT Satpol PP ke 77 dan Satlimnas ke 58, Gubernur Sumsel Herman Deru meminta kedepan Satpol PP dan Sat Linmas harus lebih profesional dan dekat dengan masyarakat.

“Saya mengucapkan selamat hut ke 77 untuk Satpol PP dan Sat Linmas ke 58. Kedepan tetap profesional, dekat dengan rakyat dan bersama TNI/Polri tetap terus menjaga ketertiban di masyarakat,” katanya.

Tak hanya itu, Gubernur Herman Deru juga mengingtakan selain menjaga Perda dan ketentaraman keamanan, Satpol PP juga harus melakukan pendekatan-pendekatan yang humanis tanpa ada kekerasan kepada masyarakat.

“Satpol PP ini tugas pokoknya menjaga Perda maka untu keamanan, ketentraman, ketertiban bersama TNI/Polri. Maka mereka harus tetap berpegang teguh pada pendekatan- pendekatan dan tindakan- tindakan yang persuasif. Untuk kekerasan sendiri harus mereka hindari,” pungkasnya.

Selain Gubernur Sumsel Herman Deru, penghargaan ini diberikan kepada Gubernur NTB, Gubernur Bali, Walikota Mataram, Walikota Jambi dan Bupati Lebak. (ADE)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *