oleh

Gambo Muba Kini Masuk Kajian Penelitian Produk KPJU Provinsi

SEKAYU – Sebagai daerah yang memiliki produk dan jenis usaha unggulan, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) mempunyai, produk khas Gambo Muba. Gambo Muba merupakan hilirisasi komoditas gambir dan juga menjadi salah satu produk eco fashion sebagai trend fashion di kancah nasional maupun international.

“Diharapkan dengan adanya penelitian KPJU ini tentu dapat menjadi sumber informasi yang bermanfaat dalam mendorong pengembangan UMKM dan juga Gambo Muba,” ungkap Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA melalui Sekda Muba Drs H Apriyadi MSi, saat menerima Kunjungan Tim Peneliti dan Enumerator Komoditi, Produk dan Jenis Usaha (KPJU) unggulan Provinsi Sumsel dalam rangka penelitian dan Focus Group Discussion (FGD) tingkat Kabupaten/Kota dan Kecamatan di Provinsi Sumsel, Kamis (2/9/2021) di Ruang Rapat Sekda.

Selanjutnya juga dapat mengetahui sampai sejauh mana adanya potensi kemudahan, kelemahan dan kekuatan yang bisa kita gerakkan maupun yang menghambat untuk kemajuan dari produk maupun komoditas unggulan yang ada di Kabupaten Muba.

“Untuk itu, kegiatan ini akan kami dukung dan diharapkan dengan penentuan komoditas, produk dan jenis usaha unggulan sebagai bagian dari KPJU ungulan di Provinsi Sumsel, dapat menjadi acuan bagi kami untuk mengembangkan produk tersebut menjadi satu sentra produk unggulan yang merupakan ciri khas dari Kabupaten Muba,”tutur Sekda.

Sementara Asisten Peneliti Komoditi, Produk dan Jenis Usaha (KPJU) unggulan Provinsi Sumsel yang merupakan Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Sriwijaya Palembang Yunita SSi MSc menyampaikan, dalam kegiatan KPJU ini pihaknya telah bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI), yang memiliki tujuan untuk mengenal dan memahami profil daerah, profil UMKM di wilayah penelitian, kebijakan pemerintah terkait pengembangan UMKM dan peranan perbankan dalam pengembangan UMKM.

Kemudian memberikan informasi tentang KPJU Unggulan yang perlu mendapat prioritas untuk dikembangkan di tingkat kabupaten dan kecamatan dalam rangka mendukung pembangunan ekonomi daerah, penyerapan tenaga kerja dan peningkatan daya saing produk. Memberikan informasi dan permasalahan yang timbul dari masing-masing KPJU Unggulan lintas sektoral di kabupaten. Memberikan informasi tentang KPJU yang berpotensial. Memberikan rekomendasi kebijakan kepada Pemda untuk pengembangan KPJU Unggulan.

“Melalui kegiatan penelitian KPJU yang akan diadakan sesuai dengan jadwal Pemkab, pada saat pelaksanaannya nanti kami juga mengharapkan untuk dapat di fasilitasi pada acara Focus Group Discussion (FGD) di kabupaten, begitu juga pengisian kuesioner di 15 kecamatan yang ada di Muba,” tandasnya. (Endang S)

Komentar

Berita Lainnya