oleh

FKPM Bantu Polisi Jaga Kondusifitas Wilayah

OGAN KOMERING ILIR – Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) Kelurahan Tanjung Rancing, Kecamatan Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) resmi dikukuhkan, Kamis (8/4/2021) yang dilakukan di Balai Kelurahan Tanjung Rancing.

Kabag ren Polres OKI, Hasanudin didampingi Kasat Binmas, Rohima mengungkapkan, dengan adanya FKPM ini diharapkan dapat melibatkan masyarakat ‘jadi polisi’ bagi dirinya sendiri dan lingkungan. Contoh dengan mendisiplinkan diri sehingga tidak melakukan pelanggaran dan kejahatan.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, dengan forum ini bisa membantu polri meningkatkan keamanan, di bawah kendali satuan binmas. “Bukan dia seorang polisi, tapi jiwanya. Sehingga bisa mengamankan diri sendiri. Kalau ada kegiatan di masyarakat ada konflik bisa masuk, membuat tensinya bisa menurun,  tapi bukan kewenangan menyelesaikan kasus. Misal tetangga cekcok, diselesaikan tidak perlu sampai ke ranah hukum. Itulah yang diharapkan,” ujarnya.

Untuk itu, tambahnya, perlu pelatihan supaya arahnya jelas.

Camat Kayuagung, Iskandar menyampaikan, sebagai camat menyambut positif dan bangga atas adanya pengukuhan FKPM ini agar beban tugas kepolisian terbantu.  “Bisa diselesaikan dalam FKPM, bisa membantu masyarakat,” kata Iskandar.

Ditambahkan Mar Hasan, Lurah Tanjung Rancing bahwa program ini sebenarnya sudah cukup lama. “Kelurahan tanjung rancing sebagai perdana. Saya merasa bangga guna memajukan kelurahan tanjung rancing. Untuk Keamanan, poskamling akan difungsikan. Jumlah empat buah induk. Pecahan ada empat lagi dari RT 1 sampai 10,” tutupnya. (Jangmat)

Komentar

Berita Lainnya