oleh

FISIP UIN Raden Fatah Palembang Kupas Big Data Bersama Pakar

PALEMBANG – Keberadaan Big Data menjadi salah satu tonggak perubahan paradigma dalam memahami proses sosial. Big Data memberikan warna baru dalam penelitian, Sehingga akademisi dan peneliti harus mulai untuk menyesuaikan paradigma penelitian Sosial.

Untuk itu, Laboratorium Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Raden Fatah menggelar Webinar dengan Tema “Riset Ilmu Sosial, Politik dan Keagamaan dengan Big Data, Selasa (17/11/2020) dengan menghadirkan tiga narasumber yang berkompeten dalam kajian Big Data yaitu Dr. Atwar Bajari, M.Si (Fakultas Ilmu Komunikasi) UNPAD, Rustika Herlambang (Direktur Komunikasi Indonesia Indicator) ,DR. (Cand.) Bono Setyo, M.Si ( Direktur COMTC & Dosen UIN Sunan Kalijaga) dan dipandu oleh Dr. Yenrizal M.Si yang merupakan Wakil Dekan I FISIP UIN Raden Fatah Palembang.

Sepriadi Saputra, M.Ikom, Panitia Webinar dari Laboratorium Fisip menyatakan, acara ini merupakan upaya atau langkah awal FISIP untuk mulai mengembangkan kajian riset berbasis big data, sehingga dapat menjadi modal awal yang bagus bagi tim laboratorium FISIP dalam mengembangkan kajian riset berbasis big data.

Pada pembukaan seminar, Dekan FISIP UIN Raden Fatah melalui Wakil Dekan II Ainur Ropik,M.Si mengatakan, bahwa webinar ini merupakan langkah awal FISIP untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan tekhnologi, sehingga para akademisi dan peneliti khususnya di FISIP UIN Raden Fatah dapat memperkaya proses memahami fenomena sosial melaluji big data.

Sementara itu, salah seorang narasumber, Dr. Atwar Bajari memaparkan tentang peluang, dan tantangn dalam melakukan penelitian sosial melalui big data. “Tantangan yang paling utama adalah bagaimana birokrasi penelitian di perguruan tinggi dapat menyesuaikan dengan pola penelitian big data yang begitu dinamis dan cepat, sehingga perlu ada penyederhanaan birokrasi administratif di institusi,” tuturnya. (Ade)

Komentar

Berita Lainnya