pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Pemprov Sumsel

Ekspor Sumatera Selatan Mulai Bergairah Kembali

47
×

Ekspor Sumatera Selatan Mulai Bergairah Kembali

Sebarkan artikel ini
IMG-20210617-WA0060
pemkab muba

PALEMBANG – Meski dalam kondisi Pandemik Covid-19, laju ekspor sejumlah komoditas di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mulai menggeliat. Koordinator Fungsi Statistik Distribusi BPS Sumsel, Sukerik mengatakan geliat ekspor Sumsel mulai bergairah seiring dengan adanya peningkatan jumlah ekspor.

Menurutnya, jika dilihat secara year to year, ekspor Sumsel hampir sama dengan posisi Mei 2019 yang mencapai US$380 juta. Hal itu menunjukkan adanya peningkatan sekitar 50 persen dibandingkan Mei 2020.

“Ekspor kita sudah mulai bergairah kembali, angkanya sudah mulai sama dengan Mei dua tahun lalu,” ungkap Sukerik pada jumpa pers, Selasa (15/6/2021).

“Beberapa golongan barang yang mengalami perubahan positif yaitu kertas karton, kayu, barang dari kayu, maupun produk farmasi,” katanya lagi.

Sukerik juga menyebut ekspor untuk sektor komoditas migas mengalami trend positif. Namun demikian terjadi penurunan jumlah eskpor pada sektor non migas. Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel, nilai ekspor mencapai US$359,59 juta pada Mei 2021.

“Sektor migas Sumsel angkanya positif dibanding April. Penurunan terjadi dari sektor non migas, sekitar 18,18 persen,” katanya lagi.

Perkembangan ekspor, lanjut Sukerik, pada semua sektor mengalami penurunan, yang paling besar dialami oleh sektor pertanian. Adapun komoditasnya antara lain kelapa, hasil hutan bukan kayu, ikan hidup dan hasil budidaya.

“Dua sektor lainya yang juga mengalami penurunan adalah sektor industri dan pertambangan,” imbuhnya.

Komoditas sektor industri yaitu crumb rubber, pulp, dan minyak kelapa sawit. Sementara untuk sektor pertambangan sendiri komoditasnya antara lain batu bara dan lignin.

BPS juga mencatat komoditas nonmigas yang turun tajam pada Mei 2021 adalah karet dan barang dari karet dengan nilai US$49,50 juta, diikuti oleh bahan bakar mineral, bubur kayu, dan sebagainya. (Alam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *