oleh

Dua Objek Wisata Ini Akan Jadi Andalan di Lahat

LAHAT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat, terus memberikan perhatian bagi kemajuan sektor pariwisata. Banyaknya potensi wisata menjadi alasan Pemkab Lahat, tertarik menggarap objek wisata selain untuk kemajuan daerah juga untuk kemajuan masyarakat khususny dalam menciptakan ekonomi kreatif. Kini, dua destinasi wisata dipersiapkan menjadi kawasan wisata terpadu.

Duo objek wisata tersebut yakni Wisata Bukit Besar di Kecamatan Merapi Selatan dan Taman Rekreasi Ribang Kemambang, di Kota Lahat. Disisi taman kota akan dibuat menjadi spot wisata kuliner sementara akses jalan protokol nantinya satu jalur tidak lagi dua jalur.

“Wisata itu nantinya diharapkan menjadi ekonomi kerakyatan ke depannya, namun perlu disurvei kembali supaya tepat sasaran,” ungkapnya,Wakil Bupat Lahat, H Haryanto SE MM MBA, Kamis (18/3/2021).

Diterangkan Haryanto, pariwisata beda halnya dengan sumber daya alam (SDA). Pariwisata tidak akan habis, sedangkan minyak dan batubara akan habis. “Itulah kenapa sangat penting pariwisata menjadi prioritas pembangunan,” jelas H Haryanto.

Namun demikian, sarana dan prasarana pendukung seperti infrastruktur jalan maupun akses harus dibangun. Jika tidak adanya pendukung tersebut percuma saja dibuat skala prioritas. “Infrastruktur seperti jalan juga harus diperhatikan, karena kaitannya mengenai akses transportasi,” tandasnya.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lahat, Feriansyah Eka Putra ST MM menjelaskan, objek wisata Taman Rekreasi Ribang Kemambang dan Bukit Besar menjadi prioritas yang direncanakan pada 2022, termasuk taman kota.

“Taman Ribang Kemambang dan Bukit Besar akan dijadikan kawasan wisata terpadu, sedangkan untuk taman kota sendiri dijadikan kawasan kuliner,” ungkapnya.

Nanti, sambung dia, sedikitnya ada lima OPD akan melakukan paparan pada saat Musrenbang tingkat Kabupaten, termasuk pembangunan kawasan wisata terpadu maupun kuliner yang fokusnya di Taman Kota. “Nanti 5 OPD yang paparannya untuk pembangunan kedepan, yang sifat skala prioritas,” terangnya. (Sfr)

Komentar

Berita Lainnya