oleh

DPRD Babel Terima Kunjungan Utusan Lemhanas RI Brigjen TNI Abdurrahman

PANGKALPINANG – Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Herman Suhadi didampingi Wakil Ketua, Hendra Apollo, dan Sekretaris Dewan, M. Haris menerima kunjungan Direktur Program dan Pengembangan Pendidikan (Digprogbangdik) dan Liaison Officer (LO) Lemhanas RI, Brigjen TNI Abdurrahman di ruang kerjanya, Senin (8/3/2021).

Adapun tujuan kedatangan dari jenderal bintang satu ini, yakni melakukan koordinasi dengan para pimpinan dewan, dalam rangka akan melakukan studi strategis dalam negeri bersama para peserta dari Lemhanas RI angkatan ke-62 pada 5 hingga 8 April mendatang.

“Jadi kami berkoordinasi dalam rangka kunjungan peserta nanti kesini, untuk melaksanakan studi strategis disini, dengan tujuan nanti membekali para peserta, memberikan cakrawala berpikir yang lebih luas dan komprehensif, dan bisa langsung melihat objek-objek di lapangan,” kata Brigjen TNI Abdurrahman usai acara pertemuan.

Dia menjelaskan, nantinya para peserta akan melakukan studi strategis yang berkaitan dengan kondisi wilayah, kearifan lokal, pembangunan, dan ketahanan nasional yang ada di Babel, termasuk melihat potensi-potensi wilayah.

“Serta mungkin bisa menemukan isu-isu strategis yang nantinya bisa digali oleh para peserta sehingga dapat memberikan masukan dan saran kepada pemerintah daerah disini, karena mereka itu nanti akan dibagi kedalam kelompok-kelompok masuk ke dalam demografi, biografi, dan kondisi sosial,” ujarnya.

Mantan Komandan Korem 045/Garuda Jaya Babel ini mengungkapkan, dirinya telah memberikan masukan dan gambaran kepada para peserta Lemhanas RI mengenai potensi-potensi yang ada di Babel, terutama yang berkaitan dengan pertambangan.

“Karena (mineral) ikutan dari pertambangan timah itu sangat banyak, yang sampai saat ini belum dikelola secara maksimal, misalnya ada unsur tanah jarang disitu, itu sangat berpotensi, apalagi kedepan nanti kan energi sumber daya alam ini akan habis, sehingga unsur tanah jarang ini sangat besar potensinya untuk dijadikan sebagai energi terbarukan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Babel, Herman Suhadi menyambut baik rencana studi strategis yang akan dilakukan oleh para peserta dari Lemhanas RI. Dia pun mengaku siap membantu sarana maupun prasarana para peserta yang akan melakukan studi strategis di Babel.

“Kami sangat mengucapkan terima kasih kepada beliau (Brigjen TNI Abdurrahman-red) dan Lemhanas nya, Bangka Belitung dipilih untuk menjadi daerah studi strategis dalam negeri itu, Insha Allah apa yang bisa kita bantu sarana dan prasarananya yang kawan-kawan butuhkan, kita siap, siap berkoordinasi dan mendukung kegiatan tersebut,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua DPRD Babel, Hendra Apollo menambahkan, studi strategis ini nantinya diharapkan mampu memberikan kontribusi ataupun rekomendasi kepada pemerintah daerah mengenai berbagai potensi yang ada di Bumi Serumpun Sebalai ini.

“Karena dengan hasil studi mereka nanti, akan ada masukan-masukan baru dari potensi-potensi sumber daya alam kita ini yang akan dikelola secara baik, terutama untuk kemajuan Babel, disamping itu juga, sektor wisata kita juga berdasarkan hasil kajian nanti akan ada temuan-temuan baru dari penelitian dan kunjungan mereka kesini,” harapnya. (EDI)

Komentar

Berita Lainnya