oleh

Diskominfo OKI Bagi Kiat Pengelolaan Komunikasi Publik dengan Humas DPRD Muba

OGAN KOMERING ILIR – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menerima kunjungan dari Humas Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Musi Banyuasin, Kamis (2/9/2021). Kedatangan tim dari Humas DPRD Muba ini adalah untuk sharing pengelolaan komunikasi dan informasi yang ada di Kabupaten OKI.

“Kemudahan akses dan pengelolaan informasi publik sebenarnya adalah nafas dari komunikasi publik sebagai penyelenggara pemerintahan daerah apalagi di masa Pandemi, efektivitas komunikasi publik bisa optimal melalui penggunaan teknologi informasi,” ungkap Alexsander Bastomi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKI.

Dijelaskannya, Tata Kelola Informasi Publik dan diseminasi informasi dengan media massa dan flatform digital makin dibutuhkan di masa pandemi. “Penyebarluasan informasi melalui media massa dan berbagai flatform digital lainnya sangat efektif untuk mendiseminasi program pemerintah dan edukasi masyarakat terkait prokes di masa pandemi karena kecepatan dan kemudahan akses oleh masyarakat, apalagi saat pandemi ini terjadi migrasi besar-besaran di ruang digital,” jelasnya.

Sementara Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik, Diskominfo OKI Adiyanto mengatakan dalam pengelolaan komunikasi publik pihaknya telah mengembangkan flatform digital Sistem Integrasi Komunikasi Publik atau Seklik.

“Inovasi Seklik (Sistem Integrasi Komunikasi Publik) merupakan layanan terintegrasi Kerjasama diseminasi informasi Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Ogan Komering Ilir dengan media massa (perusahaan pers). Fungsi utama sistem layanan ini antara lain; pendataan perusahaan pers (mitra kersajama diseminasi informasi publik) verifikasi, negosiasi dan penerbitan media order (penayangan publikasi), layanan pres rilis, hingga penatausahaan,” terang Adi.

Menurut Adi, platform Seklik merupakan solusi pelayanan informasi publik di masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan berjarak dan berbatas. “Meski Pandemi dan banyak kegiatan dilaksanakan dalam keterbatasan, kita mesti optimal menyampaikan informasi kepada masyarakat. Melalui platform digital yang mudah diakses bersama rekan-rekan pers kami ingin memberikan layanan informasi kepada masyarakat yang efektif, efisien dan akuntabel,” pungkas Adi.

Taufik Ariyadi, Kasubbag Humas DPRD Muba menyebut, Diskominfo OKI cukup berhasil mengoptimalkan penggunaan flatform digital dalam mengelola komunikasi publik, untuk itu pihaknya ingin mengetahui kiat-kiat yang tepat dalam mengoptimalkan layanan komunikasi dan informasi publik di DPRD Musi Banyuasin.

“Kami ingin belajar dari OKI yang sudah menerapkan layanan digital ini. Setelah tadi dipaparkan, kami banyak pengetahuan baru agar makin optimal dalam pengelolaan informasi terutama dalam hal diseminasi informasi di media massa,” kata Taufik. (Romi)

Komentar

Berita Lainnya