oleh

Disdik OKI Tinjau Sekolah Banjir

Kondisi SDN 2 Tanjualai Kecamatan SP Padang yang terendam banjir.
Kondisi SDN 2 Tanjualai Kecamatan SP Padang yang terendam banjir.

KAYUAGUNG I Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), kemarin (12/4) meninjau langsung Sekolah Dasar (SD)Negeri 2, Desa Tanjung Alai Kecamatan SP Padang, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel).

Halaman dan ruangan kelas becek bahkan di beberapa titik ketinggian genangan air mencapai betis orang dewasa. “Ya sudah kita lakukan pengecekan, memang banjir tapi sudah terjadi sejak dua tahun belakangan ini,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan OKI, Zulkarnain melalui Sekretaris Disdik, Husni S.Pdi.

Lanjut dia, untuk lokasi ruang belajar masih bisa dipakai karena tidak terendam. Namun bila kembali terjadi kebanjiran, maka proses belajar dan mengajar bisa dipindahkan ke rumah warga.”Tetap harus belajar karena jelang UN, kalau memang tak bisa dilakukan di rung kelas UN juga bisa di rumah warga,” ucapnya.

Untuk solusi, lanjut Husni akan dilaporkan dahulu ke Kepala Dinas. Terkait penanggulangan masalah banjir, sementara ini diminta ke warga untuk membuat pembuangan agar genangan air surut. Namun untuk jangka panjang dikoordinasikan lagi dengan instansi terkait lainnya. “Kita juga akan melakukan pendataan sekolah mana saja yang mengalami kebanjiran,” tukasnya.

Sementara itu, Eko salah satu wali murid menjelaskan bahwa genangan air memang telah surut. Namun dirinya berharap agar ada solusi yang cepat, lantaran para murid bisa terkena penyakit bila kondisi ruangan becek. “Banjirnya memang tahunan karena sungai meluap ditambah hujan deras. Saya harap bisa ditinggikan terutama jalan setepak menuju sekolah yang juga kebanjiran,” ucapnya . (Romi Maradona)

Komentar

Berita Lainnya