pemkab muba pemkab muba
Bangka Belitung

Dirjen Otda Soroti Keberhasilan Kolaborasi Lembaga Eksekutif dan Legistatif Babel

91
×

Dirjen Otda Soroti Keberhasilan Kolaborasi Lembaga Eksekutif dan Legistatif Babel

Sebarkan artikel ini
Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) se-Indonesia tahun 2023
pemkab muba pemkab muba

Keberhasilan kolaborasi antara Lembaga Eksekutif dan Legistatif Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) dalam penyelenggaraan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) se-Indonesia tahun 2023 telah mendapatkan apresiasi tinggi dari Direktur Jenderal (Dirjen) Otda Kemendagri RI, Akmal Malik. Rakornas yang berlangsung mulai dari 5 Juli hingga 8 Juli 2023 ini menjadi perhatian karena berhasil menghadirkan sebuah event yang luar biasa.

“Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh jajaran pemerintah dan Forkopimda yang telah berhasil menyelenggarakan event yang menurut saya sangat luar biasa. Kolaborasi antara DPRD dan OPD-OPD di Kep. Babel begitu terlihat baik. Dukungan daerah yang luar biasa,” ungkap Akmal saat memberikan sambutan pembukaan.

Rakornas Bapemperda DPRD Seluruh Indonesia kali ini dianggap sebagai langkah untuk menyinergikan peraturan perundang-undangan antara tingkat pusat dan daerah.

“Dengan adanya Rakornas ini, diharapkan dapat memupuk energi positif dalam membangun sinergi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, terutama dalam pembentukan Peraturan Daerah (Perda). Tujuan utama otonomi daerah adalah peningkatan, pemerataan, dan percepatan kesejahteraan masyarakat di daerah. Oleh karena itu, Bapemperda DPRD memiliki peran strategis dalam meningkatkan kualitas Perda yang implementatif,” paparnya.

Dalam konteks otonomi daerah, pentingnya Perda sebagai pendorong desentralisasi yang lebih maksimal disoroti oleh Akmal.

“Melalui Rakornas ini, saya berharap dapat terbangun komitmen yang kuat dari para stakeholder, terutama Bapemperda DPRD. Proses pembentukan Perda perlu mengedepankan semangat penyederhanaan yang implementatif, sehingga manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” tandasnya.

Akmal menambahkan, “Harapan besar kita adalah tercapainya kesepakatan Forum Bapemperda dalam Rakornas ini sebagai wadah penyelesaian terkait peraturan perundang-undangan baik di tingkat pusat maupun daerah, yang akan dijalankan melalui Perda.”

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Kep. Babel, Suganda Pandapotan Pasaribu, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Kementerian Dalam Negeri RI yang memilih Kep. Babel sebagai tempat penyelenggaraan event nasional ini.

“Kami mengucapkan terima kasih sekaligsusana yang hangat kepada seluruh peserta yang hadir di Negeri Serumpun Sebalai. Kep. Babel merupakan tempat yang dihiasi ratusan pulau indah dan memiliki 17 geopark. Saya harap para peserta dapat menikmati keindahan wilayah kami dan menikmati kelezatan kuliner lokal,” ujarnya dengan antusias.

Penyelenggaraan Rakornas Bapemperda se-Indonesia tahun 2023 diharapkan dapat berjalan lancar dan memberikan dampak positif bagi pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Dengan semangat ini, kita berharap Perda kita semakin berkualitas,” pungkasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *