pemkab muba
Musi Banyuasin

Dinkominfo Muba Berhasil Raih Nilai Tertinggi di Kegiatan Cyber Security Exercise

17
×

Dinkominfo Muba Berhasil Raih Nilai Tertinggi di Kegiatan Cyber Security Exercise

Sebarkan artikel ini
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Muba yang dikomandoi oleh Herryandi Sinulingga AP berhasil duduki peringkat teratas pada kegiatan cyber security

Beritamusi.co.id – Fantastis, Pemkab Musi Banyuasin melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Muba yang dikomandoi oleh Herryandi Sinulingga AP berhasil duduki peringkat teratas pada kegiatan cyber security exercise bagi pengelola CSIRT instansi pemerintah daerah yang diselenggarakan oleh Badan Siber Sandi Negera (BSSN) Republik Indonesia.

Kegiatan yang bertajuk “Bimbingan Teknis Kesiap siagaan Teknis Insiden Keamanan Siber pada CSIRT Sektor Pemerintah Daerah” ini diikuti 80 pemerintah daerah yang berlangsung di Ballroom Novotel Samator, Surabaya, Jawa Timur pada Rabu (24/5/2023).

Dalam kegiatan ini Dinkominfo Muba berhasil menyelesaikan persoalan yang diberikan dan berhasil memperoleh skor tertinggi (5250), terdapat 4 Provinsi di bawah Kabupaten Muba yang nilainya sama dengan nilai Kabupaten Muba yaitu Prov Jatim, Prov Kepri, dan Provinsi Bali. Tapi Kabupaten Muba unggul dalam hal kecepatan perolehan nilai.

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Muba Herryandi Sinulingga AP mengatakan kegiatan ini penting bagi Pemerintah kabupaten Muba sebagai Pemerintah Daerah tentunya memiliki kemungkinan tidak luput dari serangan siber. Hal ini, lanjutnya dapat merugikan, baik bagi Pemkab Muba sebagai Pemda yang selaku penyelenggara SPBE maupun bagi masyarakat hingga stakeholder dan saya juga mengapresiasi Tim Dinkominfo Muba yang mengikuti kegiatan cyber security exercise memperoleh yang dapat melampaui daerah tim lainnya.

Sinulingga, juga berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara rutin sehingga dapat terus mengasah kemampuan pengelola CSIRT daerah dalam meningkatkan kapasitasnya, dan SDM yang membidangi ini kian handal kedepannya.

“Kami sangat berterima kasih kepada BSSN yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, karena telah membantu penanggulangan insiden keamanan siber yang tidak terlihat. Kami sangat senang dengan hasil yang diperoleh dan ini juga bisa menjadi pemicu semangat kami untuk terus mengembangkan kompetensi personil pengelola CSIRT di daerah,”tandasnya.

Kepala Bidang Persandian Dinkominfo Muba Jerry Rinoldy, ST MT mengucapkan rasa syukur atas apa yang telah diraih. Dirinya juga mengakui berkat dorongan dan arahan Kepala Dinas Kominfo Herryandi Sinulingga, timnya bisa melaksanakan tugas dengan maksimal.

“Pada prinsipnya Kami sangat senang sekali dengan pencapaian ini. Terima kasih atas kegiatan yang diselenggarakan ini. Semoga apa yang kami dapatkan dari kegiatan ini kedepannya bisa membawa kabupaten Muba khususnya Dinas Kominfo menjadi lebih baik lagi kedepannya,”pungkasnya.

Sementara, Direktur Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah Daerah BSSN Hasto Prastowo saat menutup acara bimtek mengaku yakin dengan kegiatan yang dilaksanakan BSSN tersebut dapat mengasah kemampuan pengelola CSIRT daerah dalam meningkatkan kapasitasnya.

“Kegiatan ini juga sekaligus menjadi ajang sharing pengetahuan dan pengalaman antar pengelola CSIRT daerah sehingga memperkaya kapasitas sebagai tim yang dipercaya melaksanakan tugas tanggap insiden keamanan siber,”katanya.

Dikatakannya, aspek pembangunan kekuatan keamanan siber melalui pengembangan sumber daya manusia siber dan sandi menjadi salah satu prioritas BSSN.

“Selamat kepada Pemkab Muba melalui Dinkominfo Muba atas keberhasilan yang telah berhasil diraih. Semoga terus memberikan prestasi dan pelayanan terbaik kepada publik,”pungkasnya. (Endang S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *