pemkab muba pemkab muba
Palembang

Dilengkapi Fasilitas Terbaik, Ratu Dewa Resmikan Puskesmas Ramah Disabilitas Pertama di Sumsel

114
×

Dilengkapi Fasilitas Terbaik, Ratu Dewa Resmikan Puskesmas Ramah Disabilitas Pertama di Sumsel

Sebarkan artikel ini
pemkab muba pemkab muba

Palembang – Pj Walikota Ratu Dewa meresmikan Puskesmas Dempo sebagai puskesmas dengan layanan yang ramah disabilitas, peresmian ini menjadi istimewa karena inovasi ini merupakan satu-satunya di Provinsi Sumatera Selatan, Selasa (14/5/2024).

Ini merupakan komitmen Ratu Dewa bersama jajaran Dinkes Kota Palembang untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat khususnya di bidang kesehatan termasuk bagi penyandang disabilitas.

Dalam kesempatan ini, Pj Walikota Ratu Dewa juga mengecek langsung satu persatu ruangan serta sarana dan prasarana yang ada di Puskesmas Dempo.

Ia ingin memastikan betul bahwa puskemas ini memiliki kualitas yang baik sehingga memang layak menjadi puskesmas ramah disabilitas.

Ratu Dewa mengatakan, peresmian puskesmas dengan layanan ramah disabilitas ini merupakan sebuah inovasi baru dari puskesmas dempo dan bisa menjadi acuan bagi puskesmas-puskesmas lain.

“Karena didukung sarana prasarana lengkap dan satu-satunya di Sumsel yang memenangkan penghargaan beberapa waktu yang lalu,” ujar Ratu Dewa.

Ia menuturkan bahwa kegiatan ini bertujuan dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan pada warga Palembang dan juga mendukung kemajuan Index Pembangunan Manusia (IPM).

“Semoga pelayanan dasar kita khususnya di sektor kesehatan menjadi prioritas kita semua,” bebernya.

Adapun beberapa fasilitas unggulan di puskesmas dempo ini ialah terdapat tulisan khusus di ruangan-ruangan bagi disabilitas, kemudian toilet khusus.

Kemudian dinding penunjuk jalan khusus, lalu puskesmas dempo ini juga sudah dilengkapi dengan alat pemeriksaan pendengaran khusus yang sudah memenuhi standar.

Tak hanya pelayanan kesehatan, Pj Walikota Ratu Dewa juga memberikan perhatian khusus pada penyandang disabilitas agar bisa mengikuti seleksi menjadi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) baik itu PNS maupun PPPK.

“Waktu paripurna kemarin yang menjadi saran dan masukan bahwa kita mengadakan penerimaan CPNS maupun PPPK bagi disabilitas, pengalaman kita di 2023 kemarin sudah kita lakukan,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *