pemkab muba pemkab muba
Bangka Belitung

Dianggap Mampu Kendalikan Inflasi, Pemprov Babel Terima Dana Rp 28 Miliar

105
×

Dianggap Mampu Kendalikan Inflasi, Pemprov Babel Terima Dana Rp 28 Miliar

Sebarkan artikel ini
Berkat kerja kerasnya pemerintah provinsi bangka belitung akhirnya diganjar penghargaan oleh pemerintah pusat karena dianggap mampu mengendali inflasi
pemkab muba pemkab muba

Beritamusi.co.id – Inflasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang sempat menduduki peringkat inflasi tertinggi se indonesia pada Mei lalu dan peringkat ke tiga pada Juli kemudian peringkat ke lima pada September terus mengalami trend penurunan yang positif hingga akhirnya menduduki peringkat ke 24.

Berkat kerja kerasnya pemerintah provinsi bangka belitung akhirnya diganjar penghargaan oleh pemerintah pusat karena dianggap mampu mengendali inflasi di daerah tersebut.

Tak tanggung-tanggung pemerintah provinsi babel menerima kucuran dana segar sebanyak Rp28 Miliar.

“Saya sangay berterima kasih kepada masyarakat terlebih lagi kepada para petani, sekarang ini kita ranking 24 inflasinya. Nah, ketika kita dianggap dapat mengendalikan inflasi, Pemerintah Pusat memberikan kita penghargaan berupa dana sebesar 28 miliar,” ujar Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Babel, Ridwan Djamaluddin saat memberikan sambutan pada acara “Penyerahan Bantuan Alat/Mesin Pertanian”, di Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Kamis (15/12/2022).

Menurutnya, dana tersebut harus digunakan untuk kebutuhan pengendalian inflasi. Karena, salah satu penyebab inflasi di Babel adalah produk-produk pertanian yang sebagian besar masih didatangkan dari luar daerah. Untuk itu, setelah diadakannya rapat mengenai alokasi dana yang didapatkan ini, diputuskanlah memberikan dana tersebut untuk orang-orang yang paling berjasa.

“Kami sepakat, berdasarkan hasil rapat, orang-orang yang paling besar jasanyalah yang kita bagikan dana dari Pemerintah Pusat, yakni berupa mesin pertanian. Yang mana itu adalah bentuk penghargaan dan terima kasih dari kami untuk para petani,” katanya.

Dikarenakan padi atau beras merupakan salah satu penyumbang inflasi paling tinggi yakni 2,67%, oleh karenanya orang nomor satu di Babel itu menyampaikan harapannya agar produktivitas para petani semakin meningkat, guna dapat terus mengurangi inflasi yang ada di Kep. Babel.

“Harapannya dengan diberikannya mesin pertanian ini dapat meningkatkan produktivitas, para petani dapat menghasilkan padi yang lebih baik dan kami siap mendukung,” katanya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kep. Babel memberikan bantuan berupa 3 unit combine harveter (diserahkan kepada Gapoktan Sepakat Jaya Desa Rias), dan 3 unit traktor roda 4 (diserahkan kepada UPJA Serdang Makmur Desa Serdang, Gapoktan Sepakat Jaya Desa Rias, UPJA Meralin Desa Pergam).

Lalu, bantuan dari Pusat Direktorat Alsintan Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian berupa 5 unit traktor roda 4 (diserahkan kepada UPJA Penutuk Jaya Desa Penutuk, Gapoktan Terap Berjaya Desa Terap, Gapoktan Krio Panting Desa Payung, UPJA Balai Benih Desa Rias, dan UPJA Berkah Tani Desa Rias). (Reiza)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *