pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Berita Daerah

Developer Ingkar Janji Perbaiki Jalan Rusak

157
×

Developer Ingkar Janji Perbaiki Jalan Rusak

Sebarkan artikel ini
IMG-20190226-WA0014
pemkab muba

Banyuasin I Sejumlah titik jalan di dalam Komplek Perumahan Liverpool II yang terletak di Jalan Pinang, Sungai Kedukan, Kelurahan Jakabaring Selatan, Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin, dalam kondisi rusak. Mirisnya, belum ada rencana perbaikan dari Developer CV Bangkok Sukses, meski sebelumnya sudah ada kesepakatan dengan warga.

Sebelumnya, sebanyak 37 warga melakukan pertemuan yang dihadiri perwakilan Developer CV Bangkok Sukses, Sabtu (20/10/2018). Dalam pertemuan tersebut ada beberapa poin yang disepakati kedua belah pihak, antara lain perbaikan fasilitas umum, termasuk pengecoran jalan di dalam komplek. Namun, janji tersebut tak kunjung terealisasi.

Dedi, salah seorang warga mengungkapkan kekecewaannya terhadap sikap dari Developer yang tidak maksimal dalam memperbaiki fasilitas umum.

“Pada pertemuan antara warga dan pihak Developer sudah ada kesepakatan melakukan pengecoran jalan, terutama di Blok D dan E jika rumah di Blok E7 sudah selesai, dan mengingat blok tersebut sudah penuh. Namun, Developer ingkar janji karena jalan tak kunjung dicor, sementara rumah di Blok E7 sudah selesai dibangun. Sebagai warga kami kecewa,” ungkap Dedi, Selasa (26/2).

Dia mengungkapkan, sudah satu tahun tinggal di Perumahan Liverpool II, namun jalan di dalam komplek masih rusak dan berlubang. Bahkan, banyak genangan air saat musim hujan.

“Jujur kami kecewa karena kami membeli rumah dengan harga yang tinggi sementara fasilitas yang didapat buruk. Kami berharap Developer segera memperbaiki jalan yang rusak, apalagi saat ini memasuki musim hujan sehingga kondisi jalan semakin buruk. Belum lagi banyak aktivitas truk yang melintas mengangkut barang material untuk pembangunan rumah di bagian belakang,” tegasnya.

Warga lainnya, Ferly juga merasakan hal yang sama. Menurut dia, belum ada itikad baik dari pihak Developer untuk melakukan pengecoran jalan di dalam komplek.

“Padahal fasilitas umum adalah kewajiban dari Developer, mereka (Developer-red) jangan pura-pura tidak tahu. Harusnya tanpa didesak pum Developer harus memperbaiki fasilitas umum, terutama jalan demi kenyamanan warga,” tegasnya.

Kata dia, konsumen dilindungi oleh Undang Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 tahun 1999. Artinya, konsumen memiliki hak untuk memperoleh fasilitas umum yang baik.

“Lagipula rumah di sini (Liverpool II-red) harganya tinggi, silahkan di cek. Sangat wajar Developer memberikan fasilitas yang tinggi pula. Sementara konsumen jika telat sehari saja membayar cicilan rumah sudah di telp pihak bank, telat 10 hari bank kirim surat, telat 3 bulan rumah dalam pengawasan bank. Nah, ini Developer telat memperbaiki jalan selama bertahun- tahun,” cetusnya.

“Kami juga meminta perhatian dari pemerintah dan instansi terkait agar tidak menutup mata terhadap Developer yang tidak memperhatikan soal fasilitas umum,” pungkasnya.

Sementara dalam pertemuan dengan warga, perwakilan Developer CV Bangkok Sukses berjanji akan memperbaiki fasilitas umum seperti jalan poros utama yang kini sudah dicor, serta fasilitas umum lampu jalan, perbaikan saluran air dan peningkatan standar keamanan.

“Jalan poros dari depan sampai ujung jalan dalam (jalan lurus) dalam waktu 2 minggu ini akan segera diperbaiki (cor) tetapi menunggu alat berat ke luar dulu. Untuk Blok D dan Blok E jika rumah E7 selesai maka jalan dan parit juga akan diperbaiki dalam waktu 2 minggu mengingat blok tersebut sudah penuh,” janji perwakilan Developer saat itu.

Terpisah, Ko Ali dari pihak Developer CV Bangkok Sukses saat dikonfirmasi tidak memberikan kepastian kapan jalan di dalam komplek akan diperbaiki.”Kalau mau bicara ke kantor bae, ado caronyo,” cetusnya.

Saat didatangi Kantor Pemasaran Liverpool II di Jakabaring, yang bersangkutan juga tidak ada di lokasi. “Aku sore ke kantor, buat janji dulu kalu nak ketemu. Soal perbaikan jalan, kagek itu,” kata Ko Ali singkat.(fly)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *