oleh

[CEK FAKTA] Satgas Paslon Amankan Avanza Plat Merah Bawa Amplop Berisi Uang. Ini Faktanya!

Beritamusi.co.id | Video sekelompok warga yang mengamankan satu unit mobil yang membawa amplop diduga untuk dibagi-bagikan ke pemilih di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) beredar di medsos salah satunya di-posting oleh akun pali-up. 

Dalam postingannya, akun ini menyebut bahwa kejadian ini diduga merupakan tindakan money politic jelang Pilkada PALI 2020.

Dari dalam mobil jenis Avanza ini, sedikitnya tiga orang diamankan yaitu AG, HK dan RG. Ketiganya diduga sedang bagi-bagi amplop kepada warga agar memilih salah satu Paslon.

Ketiganya diamankan saat berada di kawasan Sumberejo, Kelurahan Talang Ubi Utara, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI, Selasa (8/12) sekitar pukul 23:30 WIB. Ketiganya diamankan Satgas Anti Politik Uang bentukan Paslon 1 DHDD yang sedang berjaga ditiap persimpangan jalan.

Sebelum diamankan, warga melihat mobil Avanza mencurigakan melintas pada malam hari di pemukiman warga. Melihat gerak-gerik mencurigakan, mobil satgas anti politik uang lalu mencoba menghentikan kendaraan tersebut.

Ketua Bawaslu PALI, Heru Muharam melalui Komisioner Divisi SDM, Basrul mengatakan, bahwa benar pihaknya telah melakukan penggeledahan di dalam mobil tersebut.

Hasilnya ditemukan sembilan amplop putih berisikan uang yang berada dalam kantong kresek tersimpan di dalam dasbor depan. 

Selain itu, juga didapati dua plat mobil berwarna merah di bagian belakang mobil. “Ada sembilan amplop yang berisikan uang dan pelat warna merah,” kata Komisioner Bawaslu PALI Divisi Pengawasan, Iwan Dedi saat dikonfirmasi Rabu (9/12/2020).

Menurutnya, pihaknya juga telah menerima laporan dari saudara Sudiro Marwan terkait adanya dugaan money politic tersebut. (romi)

Komentar

Berita Lainnya