oleh

Cegah Dini Penyebaran Covid-19, Anggota Koramil 07/Gajah Jalani Tes Swab

Demak |  Dalam rangka menekan angka penyebaran virus Covid-19 dan memastikan kondisi kesehatan prajurit jajaran Kodim 0716/Demak, anggota Koramil 07/Gajah melaksanakan test swab di Puskesmas Gajah I Demak, pagi ini, Selasa (13/10/2020).

Kepala Puskesmas setempat, dr Lutfhi menyebut, test swab dilakukan kepada anggota TNI Koramil 07/Gajah guna mencegah secara dini penyebaran virus Covid-19 di lingkungan prajurit TNI jajaran Kodim 0716/Demak, sehingga penyebaran virus ini dapat ditekan. Terlebih di wilayah Kabupaten Demak, kasus Covid-19 semakin hari semakin meningkat.

“Atas petunjuk dari Dinas Kesehatan Kabupaten Demak, kita lakukan test swab kepada anggota Koramil. Setelah beberapa hari yang lalu, tim DKK melakukan test swab kepada anggota Makodim,” jelasnya.

Aktivitas anggota TNI dalam satuan teritorial yang selalu bersinggungan dengan warga masyarakat 1 x 24 jam membuat para prajurit ini harus di cek kesehatannya. Mengingat mereka termasuk garda terdepan dalam penanganan Covid-19, selain tim medis dan Kepolisian.

“Mereka (TNI-red), selalu hadir di tengah masyarakat dalam melaksanakan tugasnya. Sehingga kemungkinan terkonfirmasi Covid-19 juga besar. Oleh karenanya perlu dilakukan test swab,” imbuh Lutfhi.

Di lokasi lain, Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Arh Mohammad Ufiz mengatakan, jika test swab yang dilakukan kepada prajuritnya sebagai upaya mendukung progam pemerintah dalam pencegahan dini penyebaran virus Covid-19 di lingkungan TNI.

“Nantinya semua anggota Koramil di jajaran Kodim 0716/Demak akan di swab. Kita sudah koordinasikan dengan DKK Demak,” katanya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di jajaran TNI Kodim 0716/Demak ini menyebut, jika ada salah satu anggotanya terkonfirmasi Covid-19, maka akan diambil tindakan sesuai protocol kesehatan. Yakni dengan karantina mandiri dan upaya pencegahan lainnya.

“Test swab sangat diperlukan oleh prajurit saya. Karena mereka selalu berbaur dengan masyarakat dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya. Semoga mereka tetap sehat dan kita semua terhindar dari virus ini,” pungkas Dandim.*

#satgascovid19

#ingatpesanibu

#ingatpesanibupakaimasker

#ingatpesanibujagajarak

#ingatpesanibucucitangan

#pakaimasker

#jagajarak

#jagajarakhindarikerumunan

#cucitangan

#cucitangandengansabun

Komentar

Berita Lainnya