oleh

Cegah Covid19, DPRD Muara Enim Minta Perketat Pemeriksaan di Perbatasan Wilayah

Muara Enim | Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Muara Enim meminta pemerintah untuk memperketat pemeriksaan di perbatasan wilayah terutama yang berbatasan dengan zona merah guna mengantisipasi penyebaran virus corona atau COVID-19 di wilayah tersebut.

“Pengawasan dan pemeriksaan diperbatasan sangat diperlukan apalagi Muara Enim berbatasan dengan kota Prabumulih yang sudah masuk zona kuning,”Kata Suprianto (Cip) anggota DPRD Muara Enim dari fraksi PPP, Sabtu(18/4/2020).

Menurutnya, pemerintah juga harus menyediakan tempat karantina disetiap kecamatan sehingga setiap pendatang dari wilayah zona merah yang termasuk kategori ODP harus dikarantina. “Masalah tempat saya rasa pemerintah bisa aset pemda seperti rumah sekolah, gor, ataupun balai,”terangnya.

Senada dengan itu, Yusran Efendi anggota DPRD dari fraksi Golkar juga mengatakan, pemerintah harus benar-benar siap menghadapi bencana non alam ini. “Bukan hanya tempat karantinanya yang harus disiapkan tapi pemerintah juga harus menyiapkan fasilitas bagi warga yang dikarantina seperti air bersih, MCK, penerangan dan kasur,”jelas dia.

Bahkan menurutnya, pemerintah bisa bekerjasama dengan desa. “Misal desa A ada 4 orang maka 4 orang tersebut dibiayai oleh desa A selama 14 hari dikarantina, sesuai dengan anggaran desa 25 persen untuk penanganan covid,”Jelasnya.

Sementara itu, Afran dari fraksi PDIP menambahkan, bahwa pihaknya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan pemerintah Kabupaten Muara Enim dalam menyikapi penyebaran Virus Covid 19 ini yang telah menyediakan anggaran Rp200 Miliar rupiah untuk penanganan Covid.

Dirinya meminta, pemerintah dapat membuat kebijakan untuk memberdayakan potensi UKM lokal untuk pembuatan masker kemudian bantuan dari perusahaan harus satu pintu yaitu melalui gugus tugas covid 19.

Kemudian, Pemkab harus mulai mensosialisasikan apabila ada korban meninggal akibat dari covid tidak boleh ditolak oleh warga untuk dimakamkan, dan atau pemkab  menyiapkan lokasi khusus untuk pemakaman.

Ditambahkannya, untuk penggunaan anggaran dalam penanganan Covid 19 ini, diharapkan transparan dan terukur. “Kesemua hal tersebut agar lebih efektif dan efisien dalam menangani penyebaran virus Covid 19 di Kabupaten Muara Enim,”ungkapnya. (Rahmad)

Komentar

Berita Lainnya