pemkab muba
Palembang

Caleg DPR RI Samantha Tivani Berpeluang Menuju Senayan

112
×

Caleg DPR RI Samantha Tivani Berpeluang Menuju Senayan

Sebarkan artikel ini
pemkab muba

PALEMBANG – Pemilihan Legislatif (Pileg) tinggal hitungan pekan, calon anggota DPR RI  Samantha Tivani dari Partai Nasdem  daerah pemilihan (dapil) dua Sumatera Selatan diprediksi bakal lolos ke Senayan pada Pileg nanti.

Dukungan (elektabilitas) putri mantan Gubernur Sumsel H. Herman Deru yang dibesut Partai Nasdem dengan nomor urut lima mengungguli deretan nama-nama caleg lainnya. Hal ini diungkapkan Lembaga Kajian Publik Independen LKPI) terkait peluang menang calon-calon DPR RI dapil dua pada Pemilu 14 Februari nanti.

“Pada spontanitas jawaban (top of mind), Samantha Tivani unggul dari nama-nama caleg lainnya dan berada diurutan pertama. Uji pertanyaan semi tertutup dengan menunjukan specimen contoh kertas surat suara lambang parpol dan nama-nama caleg. Nama Samantha Tivani tetap konsisten berada diurutan pertama. Angka persisnya saya lupa tapi ingat saya. Untuk jawaban spontanitas (top of mind), Samantha Tivani (Nasdem) mendapatkan dukungan elektoral 15,8 %. Sementara nama-nama caleg lainnya masih berada di bawah sepuluh persen dan massa yang belum menentukan pilihannya (56,1 %). Demikian juga dengan uji simulasi specimen contoh kertas surat suara yang disodorkan kepada responden. Nama Samantha Tivani tetap konsisten berada diurutan teratas dengan elektabilitas 29% dan nama-nama caleg lainnya masih berada di bawah sepuluh persen serta massa yang belum menentukan pilihan 20,9%,” kata Direktur LKPI Arianto ST MT M.IKOM POL, Rabu (31/1/2024).

Kuatnya tarikan elektabilitas Samantha Tivani dibuktikan dengan keunggulan dari sosialisasi yang dilakukan. Potret survei menunjukkan Samantha Tivani unggul dalam sosialisasi satu bulan terakhir melalui dialog tatap muka/pertemuan umum, blusukan, spanduk/baliho/stiker/kalender, media sosial, tim sukses/tim pendukung. Kemudian sosialisasi melalui surat kabar, radio dan televisi.

Indikator lainnya menunjukkan tingkat keterkenalan (popularitas) dan kesukaan (akseptabilitas) Samantha Tivani unggul signifikan dari caleg lainnya. Disamping itu, efek kuat dari H. Herman Deru yang merupakan mantan Gubernur Sumatera Selatan juga turut andil mendongkrak elektabilitasnya.

“Kita juga memotret dukungan dalam internal caleg Nasdem. Kita tanyakan kepada responden ketika menjawab memilih Partai Nasdem dan dilanjutkan akan memilih siapa caleg Nasdem yang berjumlah sembilan calon yang maju. Hasilnya adalah Samantha Tivani tetap menempati konsisten pada posisi teratas dan unggul signifikan secara statistik. Secara sosialisasi juga terpotret memang Samantha Tivani unggul dalam semua indikator survei yang kita gunakan. Kalau tidak ada tsunami politik, Samantha Tivani berpotensi besar terpilih menjadi anggota DPR RI dapil dua Sumatera Selatan pada 14 Februari 2024,” ungkap mantan auditor survei capres Partai Demokrat ini dengan lugas.

Partai politik apa dan siapa saja nama-nama yang berpotensi akan lolos menuju kursi Senayan antara lain Partai Gerindra (AW Noviadi dan Sri Meliyana), Nasdem (Samantha Tivani dan Irma Suryani ), Golkar (Bobby Adhityo Rizaldi), PDIP (Giri Ramanda NK), Demokrat (Wahyu Sanjaya), PAN (Hanna Gayatri atau Iskandar SE), dan  PKB (Susno Duadji atau Bertu Merlas).

Pria yang gemar memakai baju batik ini mengatakan, ada dua partai politik yang berpotensi loloskan calegnya ke Senayan yakni partai Gerindra dan Nasdem.

“Untuk angka elektabilitasnya, saya tidak ingat persis, tetapi untuk partai politik dan nama-nama caleg yang berpeluang besar menuju ke Senayan, kemungkinan besar nama-nama tersebut di atas. Kalau tidak ada kejadian yang luar biasa, diprediksi nama-nama tersebut akan melenggang ke Senayan. Kuatnya elektabilitas Samantha Tivani tentu akan menguntungkan Partai Nasdem,” ungkapnya.

Survei digelar LKPI 15-26 Januari 2024 dengan mengambil sampel 820 responden (82 desa/kelurahan) yang tersebar secara proporsional disebelas kabupaten/kota dapil dua Sumatera Selatan. Metode penarikan sampel menggunakan multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan 95 % dan margin of error +/- 3,5 %. Wawancara dilakukan tatap muka dengan memakai peneliti lapangan mahasiswa tingkat akhir. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *