pemkab muba pemkab muba
OKI Mandira

Bupati OKI Apresiasi Marga Danau Mampu Jaga Tradisi

258
×

Bupati OKI Apresiasi Marga Danau Mampu Jaga Tradisi

Sebarkan artikel ini
pemkab muba pemkab muba

OKI – Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) H. Iskandar SE mengapresiasi Marga Danau (Pedamaran) karena telah memelihara dan menjaga tradisi kearifan lokal ditengah derasnya modernisasi serta perubahan zaman.

“Marga Danau adalah benteng terakhir peradaban Suku Penesak. Saya sangat menghargai dirawatnya, dipeliharanya adat, dipeliharanya tradisi, dirawatnya kearifan-kearifan lokal di Pedamaran ini,” ujar Iskandar pada peringatan hari jadi ke-259 Marga Danau di Desa Pedamaran III Kecamatan Pedamaran OKI, Rabu (27/9/2023) malam.

Iskandar yang digelari masyarakat Pedamaran Ndo Barap Pangeran Raksaguna pada 2014 lalu merasa bangga jadi bagian dari keluarga besar Marga Danau.

“Saya melihat adat, tradisi, kearifan lokal, tata krama tetap dipelihara dan dirawat oleh masyarakat Pedamaran, meski merantau jauh hingga tersebar se-nusantara. Kecintaan akan kampung halaman tidak pernah lekang,” ucap Iskandar.

Upaya pelestarian adat budaya ini, ujar Iskandar, harus didukung. Oleh sebab itu sebagai bentuk dukungan pelestarian dan perlindungan tradisi lokal pada tahun 2019, Pemkab bersama DPRD OKI telah menetapkan Perda perlindungan gambut dan lebak purun.

“Kita menyepakati peruntukan ruang gambut dijadikan sebagai kawasan budidaya. Salah satunya gambut yang berada di Lebak Purun Guoh dan Gambalan seluas 857 hektare di Kecamatan Pedamaran,” ujar Iskandar.

Kehadiran Perda ini, tambah Iskandar, sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap kelestarian purun sebagai kearifan lokal masyarakat Pedamaran.

Pada kesempatan itu, masyarakat Marga Danau memberi gelar kehormatan kepada 9 orang tokoh yang dinilai banyak berkontribusi terhadap kelestarian budaya dan kehidupan sosial masyarakat. Salah satu penerima gelar yaitu M. Alki Ardhiansyah Iskandar, duta literasi Kabupaten OKI yang diberi mandat gelar Pangeran Iskandar Raksaguna.

Ketua Lembaga Adat Marga Danau, Kitum Sopidin mengatakan, peringatan hari jadi ke-259 Marga Danau merupakan ajang menguatkan kembali ikatan kekeluargaan Marga Danau.

“Disini kita berkumpul untuk terus menjaga ikatan silaturahmi, menjaga tradisi yang diwariskan para leluhur Marga Danau,” ucap dia.

Sopidin juga mengapresiasi dukungan pemerintah terhadap kelestarian adat budaya Marga Danau.

“Dukungan Ndo Barap Iskandar Raksaguna terhadap kelestarian adat budaya Marga Danau sangat kami apresiasi, terutama dalam pelestarian purun sebagai bagian dari identitas masyarakat Pedamaran,” ucapnya.

Pada kesempatan itu juga dilaunching gerakan Seribu Danau dan logo kesatuan Marga Danau. (Jang Mat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *