pemkab muba pemkab muba pemkab muba
Musi Banyuasin

Bupati Muba Wajibkan Pertamina Rekrut Tenaga Kerja Lokal

53
×

Bupati Muba Wajibkan Pertamina Rekrut Tenaga Kerja Lokal

Sebarkan artikel ini
IMG-20210301-WA0019
pemkab muba

MUSI BANYUASIN – Serapan Tenaga Kerja Lokal (TKL) di perusahaan perusahaan yang berdomisili di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menjadi perhatian serius Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Eco MBA. Aksi nyata yang di gebrak Kepala Daerah Inovatif 2020 ini yakni dimana mulai Maret 2021 akan dilakukan rekrutmen di Pertamina-Ramba, dan tercatat sebanyak 30 tenaga kerja nantinya wajib Tenaga Kerja Lokal (TKL) asal Muba.

“Pak Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Icon MBA minta semua perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Muba, harus memprioritaskan rekrutmen Tenaga Kerja Lokal, dan ini menjadi perhatian serius pihak Pemkab Muba,” ungkap Kepala Disnakertrans Muba, Mursalin SE MM.

Lanjut Mursalin, sebab keberadaan perusahaan yang berinvestasi di daerah Muba menjadi salah satu potensi untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. “Bupati juga menegaskan agar prioritas Tenaga Kerja Lokal ini berlaku untuk direkrut di setiap bidang pekerjaan yang dibutuhkan,” ungkapnya.

“Arahan dan penegasan Pak Bupati ini di tanggapi dengan serius oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dengan mulai merealisasikannya melalui Rekrutmen Penerimaan Karyawan Untuk Pertamina Ramba sebanyak 30 orang dengan memprioritaskan bagi Tenaga Kerjal Lokal (TKL),” tambah Mursalin.

Ia mengungkapkan, sudah dibentuk Tim Rekrutmen antara pihak Pertamina Ramba dan Disnakertrans Muba. “Ya, upaya yang kami lakukan kali ini sangat serius untuk menyerap Tenaga Kerja Lokal dan akan dilakukan semaksimal mungkin Untuk Warga Muba, sesuai Program Pak Bupati,” tuturnya.

“Intinya Disnakertans Muba Hadir untuk kepentingan Tenaga Kerja Lokal ( TKL ) berdasarkan peraturan dan perundang undangan yang berlaku serta dukungan dari semua pihak, sesuai Program Pak Bupati,” katanya menambahkan.

Disinggung tentang kapan dan dimana pengumuman rekrutmen ini akan di lakukan, Mursalin menambahkan bahwa pengumuman akan dilakukan terbuka melalui media masa baik cetak maupun elektronik, media sosial, surat pemberitahuan ke pihak Kecamatan dan lain lain, mulai tanggal 1 maret 2021. “Informasi ini akan dibuka seluas luasnya bagi Warga Musi Banyuasin,” ulasnya.

Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA mengapresiasi langkah PT Pertamina EP Aset 1 Ramba Field, yang telah berkomitmen dan melakukan rekrutmen bekerjasama dengan Disnakertrans Muba dengan memberikan prioritas kepada Tenaga Kerja Lokal.

“Ini sangat sejalan dengan visi misi, dimana prioritas utama dalam bidang Ketenagakerjaan adalah dengan memberikan prioritas penempatan pada Tenaga Kerja Lokal Warga Musi Banyuasin,” ucapnya.

Menurutnya, tahun 2021 ini Pemerintah punya target mengembangkan SDM unggul yang bertujuan meningkatkan kompetisi di level global. “Nah, ini sejalan dengan tuntutan industri hulu migas yang SDM maupun teknologinya selalu ditantang untuk selalu memiliki kompetensi tinggi sesuai standar kerja,” pungkasnya.

Diketahui, sebelumnya Kepala Disnakertrans Muba sudah melakukan sosialisasi Perda No 2 Tahun 2020 Tentang Pengembangan dan Penempatan Tenaga Kerja terhadap 13 Kepala Desa diwilayah Operasi Pertamina- Ramba di Hotel Permata Randik pada 24 februari 2021 lalu. (Endang S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *